Wonotulus Peduli Covid-19 melalui “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19”

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan mendukung program pemerintah terkait penyebaran Covid-19 mahasiswa UNS angkatan 2017 melakukan kegiatan KKN tahun ajaran 2020/2021 atau yang disebut Kuliah Kerja Nyata sebagai syarat kelulusan program sarjana di desa masing-masing sesuai arahan dan kebijakan kampus.

 

Kegiatan KKN yang biasanya dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia tetapi untuk kegiatan KKN pada kali ini berbeda dari biasanya, mengingat terjadinya penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat. Oleh karena itu kegiatan KKN UNS Covid-19 pertama kalinya melakukan KKN di desa sendiri, meskipun terkesan biasa saja sebab tidak bisa merasakan pelaksanaan KKN normal seperti biasanya namun harapannya KKN kali ini tetap akan memberikan kesan tersendiri dan akan selalu terkenang.

 

Bekerja sama dengan relawan online corona, saya Aisyah Mahasiswa S1 PGSD Surakarta Universitas Sebelas Maret dengan dosen pembimbing lapangan Bapak Prof. Dr. Pranoto, M.Sc. yang melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN UNS Covid-19 berlokasi di Desa Wonotulus, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Tema yang kami angkat adalah “Supporting Pemahaman Masyarakat Tentang Covid-19”. KKN UNS Covid-19 batch II dilaunching pada tanggal 15 Mei 2020 oleh Rektor UNS (Prof. Dr. Jamal Wiwoho) yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2017 yang telah mendaftar kegiatan KKN batch II. KKN ini dimulai setelah tanggal l5 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020.

 

Sebelum terjun langsung ke lapangan kami menyusun proposal dan melakukan perizinan kepada ketua RT 02 RW 01 yaitu Bapak Sukadi. Beliau mendukung penuh dan mendoakan supaya KKN ini berjalan lancar sesuai dengan rencana. Kegiatan program kerja yang dilakukan antara lain seperti mengadakan tempat cuci tangan di mushola dan pos ronda berupa galon tempat cuci tangan, sabun cuci tangan dan petunjuk langkah cuci tangan sebagai sarana pembudayaan untuk selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

 

Penambahan inventaris berupa alat semprot dan membantu penyemprotan kendaraan yang keluar masuk desa di posko mandiri yang telah dibuat oleh warga Kerajan 1 yang disebut dengan GARUDA MAS. Selain itu ada juga edukasi tentang pentingnya stay at home lewat stiker yang dibagikan kepada warga beserta video yang sudah diunggah diyoutube, membagikan informasi terkait covid-19 melalui sosial media instagram dan WAG RT, serta melalui media cetak berupa poster yang dipasang di poskamling yang mudah dijangkau dan banyak dilewati banyak orang sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri ketika ada informasi yang baru.

 

Selain itu juga terdapat proker tambahan berupa pembuatan video membantu warga dalam membuat disinfektan alami dari daun sirih dan penyemprotan rumah warga lingkungan RT 02 RW 01 bersama relawan Desa.

 

Kegiatan KKN UNS Covid-19 ini telah berhasil dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat terkait edukasi kepada warga sehingga warga bisa melaksanakan pola hidup bersih dan sehat.

 

“saya mewakili warga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada saudari Aisyah yang telah meyumbangkan tempat cuci tangan di gardu pos kampling semoga bisa dimanfaatkan warga dengan baik.” Ujar Fauziyah salah satu warga.

 

Dengan berakhirnya KKN ini semoga Desa Wonotulus akan semakin dikenal orang banyak, dapat diambil manfaatnya dan adanya new normal  masyarakat tetap menjalankan aktivitas sehari-sehari sesuai dengan protokol kesehatan.

 

Kiriman: Aisyah

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *