Tingkatkan Kualitas, POLSA Prodi TI Lakukan Asesmen Akreditasi

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – – Sejalan dengan kiprah Politeknik Sawunggalih Aji (POLSA) Purworejo yang telah berdiri mencerdaskan anak bangsa sejak tahu 2001, belum lama ini untuk makin meningkatkan kualitas pendidikan dan performanya, POLSA melakukan Asesmen Akreditasi Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI). Proses ini dilakukan sepanjang hari dengan mendatangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Asesor yang datang adalah para praktisi yang epxpert dibidangnya yakni dari ITB, Ibu Gusti Ayu Tri Saptawati (ITB) dan Irawan (Politeknik Bandung). Mereka menilai apakah prodi ini bisa atau dpt nilai akreditasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.Secara simultan semua tak lepas dari pengamatan, mulai dari ruangan, tata kelola kampus, penjaminan mutu serta sarana dan prasarana, meneliti Badan Administrasi Kemahasiswaan. Kemudian singgah di Perpustakaan untuk memeriksa buku referensi, tersedianya sistem yang ada, berapa mahasiswa yang sering hadir. “Semua proses berjalan dengan baik dn lancar tanpa seremonial yang bersifat formal. sampai pukul 9 malam!” kata Direktur POLSA, Sapta Aji Sri Margiutomo, S.Kom., M.M. kepada Reviens saat ditemui di ruang kerjanya.

Menariknya POLSA sebenarnya sudah siap untuk membuka Prodi baru yang bisa menghasilkan Sarjana pendidikan Vokasi. “Kita tak berhenti di D3 D4 atau sarjana terapan karena kita vokasi dominan 60 persen praktik 40 persen teori!” POLSA telah menjalin Kerjasama dengan Universitas Gunadarma Jakarta dan Politeknnik Bandung sejak 2001 soal pelatihan dosen untuk tingkatkan kuaitas.

“Untuk hasil asesmen ini, paling lambat 3 minggi dari sekarang optimis untuk dapat meraih B!” POLSA sudah melakukan persiapan satu tahun sebelumnya untuk ini. Alumni POLSA banyak yang diserap di bursa kerja dan di Pemkab Purworejo. Bupati Purworejo Agus Bastian, SE MM telah mendorong agar POLSA segera mempersiapkan diri untuk mencetak sarjana terapan, terkait dengan kemajuan perkembangan pembangunan di Purworejo. Agenda proyek nasional banyak yang berdekatan dan di wilayah Purworejo menjadi peluang buat SDM alumni POLSA. “Ada bendungan (Dam Tertinggi di Jateng) kemudian dua tol yang melintasi dengan pintu kemungkinan di wilayah sini, lalu Bandara Yogyakarta International Airport yang tak jauh dari Purworejo!” tambah Aji buru-buru mengingatkan. Bupati telah mencanangkan daerah Pesisir Selatan akan dipacu menjadi daerah. “Itu jelas butuh tenaga kerja dan SDM yang mampu bersaing dan menguasai iptek.”

Harapannya semua peluang itu bisa menyerap SDM dari Purworejo sendiri sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan warga Purworejo. Birokrat sudah menguhubungkan akses agar manajemen PT. Angkasa Pura bisa memberi peluang pada SDM dari Purworejo dan sekitarnya mengingat jaraknya yang cukup dekat dengan Purworejo. Kiprah POLSA juga melebar meambah ke pendampinganUsaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), ada 130 pengusaha kecilyang siap didampinginya untuk bisa makin melebarkan usahanya dengan memberdayakan para pelaku usaha dengan IT, yakni mendorong penjualan via online.

Akreditasi bagi perguruan tinggi negeri maupun swasta telah menjadi hal fundamental yang tak bisa diremehkan, ibarat nyawa pada diri manusia punya peran besar mengantar eksistensi perguruan tinggi tersebut. “Kita semua di jajaran pemerintah daerah mengakui bahwa POLSA merupakan aset penting sekaligus kebanggaan Kabupaten Purworejo dibidang pendidikan, alumninya banyak yang bekualitas terbukti banyak yang terserap dalam bursa kerja!” kata Yuli Hastuti, SH Wakil Bupati Purworejo dalam sambutannya. Menurutnya di Era Milenial ini program studi Teknik Informatika sangat dibutuhkan dalam menjawab tantangan jaman yang serba butuh kecepatan, efektifitas, efisiensi dan kecerdasan dalam menguasai teknologi. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *