Tangani Masalah Sampah, Tim Pengendali Sampah Desa Kalirejo Adakan Baksos

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Sampah adalah suatu permasalahan yang tidak ada habisnya, baik di kota-kota besar maupun di daerah, seperti halnya di desa Kalirejo, kecamatan Bagelen, Purworejo.  Untuk menangani masalah tersebut, tim Pengendali sampah desa Kalirejo pada Minggu (27/10/2019) mengadakan bakti sosial (baksos) bersih sampah di area aliran sungai bawah jembatan Kalirejo.

 

Acara dimulai dengan senam pagi bersama Ibu- ibu PKK desa Kalirejo. Baksos bersih sampah diikuti kurang lebih 50 peserta, terdiri dari Tim Pengendali Sampah (TPS) Desa Kalirejo, Ibu- ibu Dawis Dusun Kahuripan dan Kedhung Menjangan Desa Kalirejo, Pawaka (Paguyuban warga Kalirejo) dan komunitas Laskar Bagelen (Paguyuban Wayah Bagelen).

 

 

Fathurohim (Ketua Tim pengendali Sampah) desa Kalirejo, kecamatan Bagelen menceritakan bahwa, tim pengendali sampah pada awal berdirinya 2018 terbentuk sebagai Bank sampah, yang hanya mengelola sampah dari warga yang bisa dijual. Dalam perjalannya pemerintah desa berinisiatif  mengubah Bank Sampah menjadi Tim Pengendali Sampah dengan pengelolaan dan manajemen yang diperbaharui, dengan harapana tidak hanya fokus pada penanganan sampah yang laku dijual, tapi juga dapat mengendalikan dan mengatasi semua masalah sampah yang ada khususnya di desa Kalirejo.

 

“Cita- cita ke depan kami tidak hanya ingin merubah sampah menjadi uang, tapi juga bisa mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan bermanfaat, misal menciptakan berbagai kerajinan yang berasal dari sampah.”, ungkapnya.

 

Heru Kusworo, Sekretaris Tim Pengendali Sampah Desa Kalirejo menambahkan, “Untuk mewujudkan semua itu rencana kami akan mengundang narasumber atau pelatih untuk menambah ketrampilan warga dalam memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan juga dengan study banding”.

 

“Untuk sampah kotor, kedepan kami akan bekerja sama dengan TPA dan juga Dinas Lingkungan Hidup untuk penanganannya, ssedangkan untuk sampah organik, bersama Pemdes kami akan edukasi ke warga masyarakat untuk biaa memanfaatkan sebagai penunjang kesuburan tanah”, tambhanya.

 

 

“Sangat mengapresiasi sekali untuk semangat dari teman teman Paguyuban wayah Bagelen dan semua pihak yang ikut  kegiatan baksos bersih sampah hari ini”, ungkap Taufik Suhardi, Sekdes Desa Kalirejo

“Pesan kami kegiatan seperti ini harus terus menerus dan konsisten. Jangan cuma sekali saja, dan yang tidak kalah penting adalah edukasi ke masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan bagaimana supaya produksi sampah di setiap rumah tangga bisa diminimalisir terutama sampah anorganik  yang tidak bisa di urai). Sampah telah menjadi masalah utama diberbagai negara belahan dunia. Upaya menjadikan bumi sebagai tempat tinggal yang bersih dan sehat, dimulai dengan sesuatu yang kecil, dimulai dari diri kita, ikhlas kita dan kepedulian kita”, tutupnya. (Wn)

 

Editor: Choiril Chodri

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *