SMAN 3 Purworejo Raih Juara di Ajang Lomba Vlog Nasional

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo -Team 3’Smantigrafi dari SMAN 3 Purworejo raih Juara Harapan dalam Lomba Bussiness Vlog Competition yang digelar di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta , belum lama ini pada tanggal 20 – 21 November 2019. Team yang beranggotakan Ranni Anugrah Pramudhita ( XI IPA 1 ), Bagas Ramdhan Aryadi ( XI IPA 3 ) dan Gabriel Agung Brillianto ( XI IPA 4 ) menyajian sebuah trip kunjungan gaya anak milenial ke sebuah destinasi wisata bernama Pasar Inis.

 

Tiga sekawan ini di sana mempresentasikan hasil vlog mereka dengan mengusung tema bisnis dan teknologi. Lokasi pengambilan video di Pasar Inis, sebuah Destinasi Genpi (Generasi Pesona Indonesia) di Desa Brondongrejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

 

Banyak sekali yang harus mereka lakukan dan lalui dalam pengerjaan proyek vlog yang berdurasi sekitar 3 menit ini. Meski menghadapi keterbatasan dalam hal peralatan dan software untuk pengeditan, namun dengan kegigihan dan semangat mereka serta guru pembina yang selalu mendampingi, sehingga mereka dapat menyelesaikan vlog mereka ini dengan ouput yang baik.

 

 

“Alkhamdullilah syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan peralatan yang seadanya serta spirit teman-teman satu tim kita bisa berlaga dengan sekolah sekolah favorit se-Indonesia!” kata Ranni membuka obrolan.

 

Inilah salah satu prototipe positif anak-anak milenial asal SMAN 3 Purworejo, spirit belajar yang tinggi, meski nbeajar secara otodidak dari manapun sumbernya, masih lekat dengan kultur literasi meski telah terjadi lompatan teknologi dalam media sosial, rasa penasaran dengan hal yang baru, dan berani mengungkapkan ide yang ada dalam benaknya dengan cara tersendiri.

 

“Modal kami kamera DSLR yang lumayan jadul dan ketinggalan jaman yakni Canon EOS 1200D, kamera Mirrorless Canon EOS M100 dan tripode, serta beruntung punya bapak/ibu guru yang bisa memahami kami!” tambah Gabriel yakin.

 

Dalam proses seleksi yang bertahap itu mereka berhasil masuk nominasi 10 besar bersama dengan SMA/MA hebat yang berada dari seluruh Indonesia, lalu setelah itu, mereka harus melakukan presentasi di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tepatnya di Fakultas Ekonomi.

 

“Kami mendapatkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para juri yang luar biasa, dan puji syukur kami panjatkan, Tuhan Yang Maha Esa sehingga mendapatkan tempat di posisi 5 besar Nasional dalam lomba Business Vlog Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta!” kata Bagas.

 

 

Dalam vlog ini Team 3’Smantigrafi mengambil footage video (Video mentah belum diedit), mulai dari kawasan Malioboro dan Stasiun di Yogyakarta lalu Pasar Inis sebagai Point Of Interest, dalam kurun waktu kurang lebih 3 minggu.
“Mengingat Pasar Inis buka hanya di Hari Minggu, maka dari itu pengambilan footage video, riset dan survey lapangan dilakukan kurang lebih 3 minggu.” tambah Ranni.

 

Dalam proses pengambilan gambar menurut salah anggota tim, Gabriel Agung Brilianto mengungkapkan kesulitan untuk menunggu momen yang punya “news value” yang ada di pasar tersebut, seperti ketika transaksi jual beli antara pengunjung dan penjual apa adanya. Reaksi pengunjung pasar inis dan lain sebagainya.

 

“Kami ingin mendapatkan momen terbaik saat mengambil video di Pasar Inis, beberapa diantaranya adalah ramahnya para penjual dan local wisdom di Pasar Inis!” Mereka di sana banyak merasakan keramahan lokal di Pasar Inis menjadi model pasar yang mengusung local wisdom yang saat ini mulai langka digerus zaman yang serba cepat dan hedonis. “Di sini uang tak berlaku, mereka harus menukar dengan alat berupa bambu dengan pembeda warna dalam nilai nominal tukarnya!” kata Ranni.

 

 

Kepala Sekolah SMA N 3 Purworejo Dra. Fitarini, M.Si menyampaikan rasa bangganya pada siswa siswi yang berhasil meraih kejuaran tersebut. “Anak-anak sekarang kreatif, kita sebagai orang tuanya harus bisa mendorong kreatifitas itu menjadi berdayaguna dalam berbagai hal, salah satunya ajang kompetisi”. Dirinya siap mendorong dan memfasilitasi generasi milenial yang telah mengharumkan almamater SMAN 3 Purworejo dan Kabupaten Purworejo di ajang bergengsi berskala nasional.

 

“Daya juang anak-anak kami memang luar biasa malam, subuh mengambil footage dari Yogya ke Purworejo, film ini dari sisi edukasi, mereka generasi milenial yang peka terhadap lingkungan mengajak berperan aktif mengajak menjual potensi lingkungan secara positif mendunia menjadi pijar yang meningkatkan perekoniamn masyarkat.

 

Di SMAN 3 Purworejo setiap akhir semester selalu digelar lomba film pendek antar kelas dengan tema yang ditentukan oleh guru yang merupakan bagian produk literasi, selain itu juga para siswa siswi didorong untuk menulis buku, yang rencananya akan dilaunching pada ultah sekolah Desember nanti.

 

Sementara itu, Lurah Destinasi Digital GenPI Pasar Inis , Rianto Purnomo yang mendampingi tim selama pra produksi, produksi hingga persiapan final juga turut bangga pada prestasi tersebut. “Bukan menang dan kalahnya, tetapi adek-adek mengerti bagaimana proses berkarya, berjuang dan mengapresiasi orang lain lewat karya mereka, itu yang terpenting!” (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *