Sinergi PDAM dan Polres Purworejo Bagikan Air Bersih

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Musim Mbedhidhing yang dingin membuat menggigil menjadi tanda datangnya kemarau. Kekeringanpun mulai terasa melanda beberapa wilayah di Kabupaten Purworejo. Setidaknya ada 68 desa yang tersebar di 11 kecamatan merasakan dampak kekeringan ini.

Menyikapi hal tersebut Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM menggandeng Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari Purworejo ikut membantu Pemkab dengan mendistribusikan ratusan ribu liter air bersih untuk puluhan desa yang terdampak kekeringan diantaranya di Desa Bendungan, Kecamatan Grabag, Kamis (27/6).

“Sore ini kami bersama PDAM memberikan bantuan air bersih ke desa-desa yang membutuhkan, sekaligus dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-73. Mudah-mudahan bantuan air bersih ini bisa bermanfaat buat masyarakat. Bantuan akan kami tambah terus jika masih diperlukan,” kata Kapolres.
Warga desa yang mendapatkan bantuan air bersih pun merasa senang termasuk salah satunya adalah Turyanti (34). Di Desa Bendungan sendiri, sudah sejak bulan lalu warga merasa kesulitan mendapatkan air bersih lantaran sumur-sumur mulai mengering, kalau pun ada, airnya berwarna kuning dan terasa asin.

 

“Kami sangat berterima kasih atas datangnya bantuan air bersih ini. Sudah sejak Mei kekeringan, air sumur berubah warna menjadi kuning dan terasa asin. Ya seneng lah dibantu, ini ada yang kasih air bersih,” kata Turyanti.

“Untuk warga Purworejo yang kekurangan air bersih bisa meminta bantuan BPBD atau ke PDAM Tirta Perwitasari, kami akan senang hati melayani dropping air bersih. Karena keterbatasan armada truk tangki kami, pemohon harap mendaftar ke bag pelayanan 082138322322 an. Bpk Kasiyono dan antri dgn sabar!” kata Direktur PDAM Perwitasari Purworejo.

Rangkaian aksi bakti sosial PDAM Tirta Perwitasari Purworejo diteruskan memberikan bantuan beasiswa dan bibit tanaman Buah Manggis kepada sejumlah siswa dan desa yang berada di sekitar lokasi sumber air baku dan instalasi. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT PDAM Tirta Perwitasari Ke-45 yang jatuh pada tanggal 12 Desember 2019 nanti.

Direktur PDAM Tirta Perwitasari Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, ST mengatakan bahwa beasiswa dan bibit tanaman Buah Manggis tersebut diberikan sebagai bentuk bakti sosial dan kepedulian PDAM terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar yang dekat dengan sumber air baku dan instalasi.

“Kita berbagi kepedulian tahun diusia PDAM yang ke-45 memberikan bantuan di bidang sosial dan Kami ingin di mata masyarakat PDAM ada nilai lebih,”terang Hermawan. Untuk tahun 2019 in ada 10 desa yang diberi bantuan beasiswa dan bibit tanaman.

“Sampai sekarang 5 desa yang sudah terealisasi yakni, Desa Simbarjoyo, Kalinongko, Bedono, Bandungejo dan Sedayu,” terang Hermawan.

 

Kegiatan sosial ini merupakan salah satu upaya agar PDAM mempunyai rasa perduli terhadap lingkungan sekitar sumber air baku, untuk mencintai lingkungan serta Peduli gerakan penghijauan sekitar sungai air baku dan perawatan serta pembersihan sungai dari sampah.

“Nantinya kedepan kita akan melakukan gerakan bersih sungai dengan menggandeng komunitas bersaemnagat Go Green atau masyarakat pecinta lingkungan dan sungai.” Tambahnya.
Sementara itu untuk bidang kegiatan masyarakat, olahraga dan pendidikan. PDAM memberi bantuan kegiatan di desa seperti peringatan hari kemerdekaan ( tujuh belasan), dan bantuan lomba olahraga tingkat desa.

 

“Untuk tahun ini kita mulai memberikan bantuan beasiswa pendidikan siswa SD dan SMP warga sekitar sumber air baku maupun instalasi.” terang Hermawan.

Harapan terbaik antara PDAM dan masyarakat sekitar sumber air baku serta instalasi tercipta sinergitas, hubungan yang harmonis. PDAM merupakan aset milik daerah mari kita jaga bersama kelestariannya!” kata lulusan Institut Teknologi Bandung ini. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *