Purworejo Siap Gelar Karnaval dan Grebeg Kamardekaan 2019

Share Berita Ini!

Purworejo – Dalam rangka merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74, Pemkab Purworejo siap mengagendakan beberapa iven di Bulan Agustus dan Sepetember, dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Mengawali gelaran yakni karnaval yang diiukuti oleh Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK), yang akan dilaksanakan pada besok pagi Selasa (13/8) pagi jam 07.00 WIB, melibatkan 21 KB, dan 45 TK se- Purworejo.

“Siang harinya baru digelar karnaval dengan peserta SD/SMP/MTs rencana jam 13.00 WIB, dengan jumlah rincian jumlah peserta, SD 13 peserta, dan 20 peserta dari SMP/MTs,” kata Agung Wibowo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, dalam jumpa persnya, Jum’at (9/8).

Berikutnya pada Hari Selasa (20/8), digelar karnaval untuk umum /OPD/TNI/POLRI. Dengan rincian jumlah pesertanya, OPD/Dinas 14 peserta, Kecamatan/PKK 8, Perusahaan Daerah 4, komunitas/lainnya 15. Tahun ini mengangkat tema “SDM Unggul Indonesia Maju” dengan juri terdiri dari unsur Media Massa, Praksiti Seni dan Komunitas.

Agung yang didampingi Plh Kabag Humas Bambang Gatot Seno Aji, menyatakan bahwa syarat peserta diantaranya, setiap peserta karnaval wajib menunjuk 1 (satu) orang coordinator lapangan yang bertanggung jawab /mewakili peserta ketika berhubungan dengan panitia dalam hal pendaftaran.

Untuk kelancarannya tiap regu diminta kerjasamanya untuk menyerahkan diskripsi tentang tema, misi, visi sekolah/OPD /BUMN/TNI/POLRI/PT/ pesan pesan kepada masyarakat sesuai visi dan misi Bupati Purworejo kepada panitia saat daftar ulang.

Untuk kenyamanan peserta dan penonton, tidak diperkenankan mengendarai binatang yang berpotensi membuang kotoran dijalan (seperti kuda tunggangan dll).

“Peserta tidak diperkenankan berpenampilan yang melecehkan suku, agama, dan ras (SARA) tertentu,” terang Agung.

Puncak gelaran bulan Agustus adalah Grebeg Kamardikan, mengedepankan tema kepahlawanan, baik pahlawan nasional maupun tokoh lokal yang lahir di Kabupaten Purworejo. Grebeg Kamardikan akan dilaksanakan pada Sabtu (25/8) sore jam 15.00 WIB.

Tercatat yang telah mendaftar mengikuti Grebeg Kamrdikan yakni 12 SMA/SMK. Masing-masing telah ditentukan untuk ketokohan tiap seklah yang harus diangkat. SMA Pancasila (Mr. Wilopo), SMAN 7 (WR. Soepratman), SMAN 5 (Nyi Bagelen), SMK TKM (Pangeran Sawunggalih), SMK Kesehatan (Kyai Imam Puro), SMK YPT (Cokronegoro), SMK Penabur (Sarwo Edy Wibowo), SMA Bruderan (Jenderal Urip Sumohardjo), SMA N 1 (Gagak Handoko), SMK PN (Jenderal Ahmad Yani), MAN (Pangeran Jaya Kusuma), dan SMA N 3 (Dr. Tjitro Wardoyo.

Pada akhir Agustus dan awal September gelaran bertajuk Purworejo International Art Camp siap diramaikan dengan datangnya seniman lukis dari 8 negara, diantaranya Malaysia, Mauritius, Perancis, Mongolia, dan dua negera masih proses konfirmasi. Mereka akan menginap di Glamping Loano. Kawasan yang berhawa sejuk diantara Hutan Pinus ini mereka akan menginap bersama seniman Indonesia selanjutnya akan melukis panorama keindahan destinasi wisata yang ada di Purworejo.

Kemudian tanggal 14 September 2019 pada pukul 09.00 di Alun-alun Purworejo akan diadakan kegiatan Dolalak massal 5000 penari. Acara ini diharapkan akan berlangsung meriah dan melambungkan nama Purworejo layak untuk dikunjungi wisatwan menikmati budaya dan seni serta keindahan alamnya. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *