Purworejo Raih 10 Juara Dalam FASI ke-VII 2019

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Setelah melewati serangkaian persiapan yang cukup matang, Kafilah dari Kabupaten Purworejo meraih 10 Juara dalam FASI ke-VII Tingkat Propinsi Jateng 2019, yang diselenggarakan di Asrama Haji Donohudan, Solo, 22-24 November.

 

FASI yang merupakan ajang festival /perlombaan anak-anak Taman Pendidikan Al Quran, terdiri dari 3 kategori , dari tingkat TKQ (mak 7 th), TPQ (mak 12), TQA (mak 15). Ditahun 2019 ini Purworejo mengirim sekitar 125 orang yang terdiri dari 58 peserta, termasuk official, pelatih dan orang tua/pendamping.

 

Dari 24 cabang yang dilombakan, tiap cabang macam punya tingkat kesulitan tersendiri, untuk Kafilah asal Purworejo, Cabang Kisah Islami atau bercerita memang harus mempersiapkan kemampuan literasi dan bertutur serta harus mempersiapkan properti yang lumayan rumit dan banyak sebagai pendukung penampilan di panggung.

 

Salah satu seoarang anak peserta Fasi didampingi Ibunya

 

Kemudian cabang kreatifitas seperti :Pidato bahasa Arab dan bahasa Inggris, kecuali kuat dari sisi budaya literasi (budaya membaca sebagai bahan referensi), juga kemampuan berimprovisasi menjadi catatan tersendiri. Total dalam FASI ke VII Tingkat Propinsi Jateng tahun 2019 ini ada 24 cabang yang diperebutkan oleh para kafilah.
Diantaranya adalah Cabang Al Qur’an meliputi, Tilawah, Tartil, Tahfidz, Cabang Kreatifitas, Pidato, melukis aligrafi, mewarnai gambar, Cabang soal kebangsaan dan nasionalisme yakni pembacaan Pancaila, UUD 1945 dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 

“Kami memang mentargetkan Kafilah dari Purworejo untuk bisa meraih Juara Umum seperti pada tahun 2004 dan 2016 lalu, semua untuk memotivasi anak-anak agar lebih giat belajar dan mengaji sekaligus mempererat silaturahmi para santri se-Jawa Tengah dalam ajang positif ini!” kata KH. Abdi Sandiko, S.Pd.I, Ketua Kafilah Kabupaten Purworejo kepada Reviens.

 

 

Menurutnya untuk tahun ini semua peserta cukup representatif mewakili dari semua kecamatan yang ada dengan skill dan kemampuan yang cukup merata pula. Meskipun mleset dari yang ditargetkan, terbukti Kafilah asal Purworejo mampu menduduki peringkat ke-2. Untuk Juara Umum di raih oleh Kafilah dari Kabupaten Pati, disusul Purworejo dan Kafilah Kabupaten Semarang menduduki peringkat ke-3.

 

Berikut pencapaian Kafilah Kabupaten Purworejo dalam FASI ke-VII Tingkat Propinsi Jawa Tengah 2019, Juara 1 Cerdas Cermat Al Qur’an (CCQ) untuk TKQ, Juara 2 CCQ untuk TQA, Juara 3 Ceramah Bahasa Indonesia untuk TQA Putra, Juara 3 Pembacaan Pancasila Putri, Juara 2 Pembacaan Pembukaan UUD 1945 Putri, Juara 2 Tilawah Putra, Juara 2 Tilawah Putri, Juara 2 Tahfidz Putri, Juara 1 Ceramah Bahasa Indonesia TQA Putra, Juara 2 Ceramah Bahasa Indonesia TQA Putri.

 

“Atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan selamat kepada anak-anakku semua yang tergabung dalam kafilah FASI Kabupaten Purworejo. Kalian adalah putra-putri terbaik Purworejo, yang akan membawa nama baik Kabupaten Purworejo dalam ajang FASI Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, berjuanglah sekuat tenaga untuk meraih prestasi terbaik!” kata Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE, MM saat melepas Kafilah jelang berlaga dalam FASI ke VII.

 

 

Dalam kesempatan ini pula, Agus juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada seluruh ustadz/ustadzah dan pengampu lainnya yang dengan sungguh-sungguh telah mempersiapkan dengan baik. Hadir dalam pelepasan kafilah, Kepala Kemenag Purworejo, Drs. Bambang Sucipto, MPd.i, Asisten Administrasi dan Kesra, Drs. H. Pram Prasetya Ahmad, MM, Kabag. Kesra Setda, Drs. Fatkhurohman, MM, serta pelatih dan pengurus Badko TPQ Kabupaten Purworejo. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *