Pesta Kambing Guling Warnai Pengukuhan Pengurus HPDKI DPC Purworejo

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Bicara soal ternak di Kabupaten Purworejo ternyata bukan hanya Kambing Peranakan Etawa (PE) Kaligesing saja, masih banyak potensi ternak kambing jenis lainnya, misal Domba, Wedhus Gembel (Kambing dengan bulu tebal), Kambing Jawa, dll yang tersebar di beberapa daerah.

 

Berawal dari Silatnas ke- VII di Cilacap tepatnya pada tanggal 19-20 Oktober 2019 lalu, para peternak merasakan kebutuhan organisasi yang mewadahi mereka untuk bisa saling bersilaturahmi, bertukar pendapat, sharing dan berdiskusi untuk kemajuaan dan peningkatan ekonomi demi kesejahteraan para peternak.

 

“Organisasi yang mewadahi para peternak memang urgen dibentuk, berkaitan dengan niat memajukan bidang peternakan di Purworejo tentunya pula untuk makin meningkatkan kesejahteraan para peternak Kambing dan Domba!” kata Zain Panji Pangestu kepada Reviens membuka obrolan.

 

Sehubungan dengan kebutuhan tersebut, digelarlah pengukuhan Pengurus Himpunan Peternak Domba Kaming Indonesia (HPDKI) DPC Purworejo, bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (14 Desember 2019). Berdasar surat keputusan DPD HPDKI Propinsi Jawa Tengah Nomor : 17/DPD-HPDKI/KPTS/XII/2019 tentang Pembentukan Pengurus DPC HPDKI Kabupaten Purworejo, maka digelarlah pengukuhan pengurus di Purworejo. Ini penting untuk menjaga kesinambungan organisasi dan aktualisasi peran nyata dalam masyarakat.

 

“Selamat atas Pengukuhan Pengurus Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia DPC Purworejo, semoga dengan wadah ini ke depan akan lebih memajukan dunia peternakan di Purworejo, saya lihat banyak anak-anak muda Milenial di sini tentunya ide-ide dan inovasinya akan lebih berani dan beda dengan gaya konvensional!” kata Yuli Hastuti, SH, Wakil Bupati Purworejo yang hadir sebagai undangan spesial.

 

Dalam pengukuhan yang dilakukan Ketua DPD HPDKI Jawa Tengah Akbar Mahali SPd ini, Zain Panji Pangestu dikukuhkan sebagai Ketua DPC HPDKI Purworejo untuk periode lima tahun kedepan didampingi Suprayitno sebagai sekretaris, dan Eko Prasetyo sebagai bendahara, beserta pengurus lainnya dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo Wasit Diono SSos MM.

 

Banyak harapan positif disematkan pada pundak organsasi ini, membantu mencarikan solusi berkaitan dengan masalah seputar ternak Kambing dan Domba.

 

“Dengan terbentuknya kepengurusan ini, kami lebih bisa bergerak dengan dukungan banyak peternak, agenda untuk kemajuan peternak pun siap kami gelar, misal expo rutin dengan tempat bisa bergilir disetiap kecamatan, sekaligus menggelar produk-produk para anggota, atau bikin acara dari kandang ke kandang dengan diisi dan workshop!” tambah Zain Panji Pangestu.

 

 

Ternak Kambing dan Domba yang selama ini masih sebagai ternak rumahan, nyatanya punya potensi usaha yang cukup menjanjikan keuntungan besar. Malaysia dan Brunei merupakan pasar potensial yang belum jenuh bagi ternak potong Indonesia, termasuk Kambing dan Domba.
“Di tempat lain, pangsa pasar Kambing dan Domba di beberapa negara Timur Tengah (khususnya Arab Saudi) sangat tinggi terutama untuk memenuhi kebutuhan ternak kurban,” kata Kepala Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo Wasit Diono SSos MM.

 

Populasi tertinggi untuk jenis ternak ini kata Wasit Diono, ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sedangkan domba di Jawa Barat.

 

Ratusan tamu undangan yang terdiri dari para peternak dihibur oleh iringan Solo Organ dengan Si cantik Manda sebagai penyanyi. Tak lupa pula hidangan berupa Kambing Guling, Sate, Gule dan Thengkleng racikan Rafiq Aqiqah spesialis masakan daging Kambing digelar dan disantap bersama. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *