Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 di Purworejo

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Ratusan kaum ibu yang berasal berbagai organisasi wanita, aktifis perempuan berbaur dengan Tim Penggerak PKK memenuhi Gedung Pendopo Kabupaten Purworejo mengikuti acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47, Kamis (26/9).

 

Yuli Hastuti, SH. Wakil Bupati (Wabup) Purworejo, dalam pidato sambutannya meminta kepada Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten dan TP PKK Kecamatan agar selalu aktif mengawal usulan peningkatan alokasi anggaran untuk kegiatan PKK di masing-masing desa.

 

“Saya mohon kepada TP PKK Kabupaten dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Purworejo agar aktif memantau, pesen saya langsung pada para kepala desa baru saat pembekalan agar anggaran untuk PKK di masing-masing desa ditingkatkan, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Yuli Hastuti.

 

Menurutnya, peningkatan alokasi anggaran untuk kegiatan PKK sangat diperlukan. Hal ini mengingat PKK memiliki kegiatan yang sangat banyak, meliputi 10 program PKK, dari memantau kesehatan ibu dan anak, sejak dalam kandungan, lahir, hingga megurusi lansia. Kegiatan-kegiatan PKK tersebut sangat membantu sekali bagi pemerintah.

 

Menurutnya, pembangunan yang bersifat fisik juga harus diimbangi dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang antara lain melalui kegiatan-kegiatan PKK dan pemberdayaan.

 

Dengan mengusung Tema “Tingatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengn Program Pemerintah”, acara ini bermaksud dan bertujuan untuk meningkatkan para kader dan memberdayakan masyarakat melalui Gerakan PKK yang diimplementasikan melalui 10 Program PKK.

 

Dra. Erna Setyowati Said Romadhon, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo, mengatakan, kegiatan peningkatan SDM TP PKK 2019 tersebut diikuti 500 orang.

 

“Harapan kami para kader dan aktitis perempuan dari berbagai organisasi perempuan makin meningkatkan motivasi dan kesadaran para anggotanya dan mensosialisasilkannya dalam kehidupan masyarakat dan terus mendukung program PKK.” kata Erna kepada Reviens.

 

Acara ini dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Forkopimda, Kepala OPD terkait, organisasi wanita, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Desa yang baru, serta para pemenang lomba evaluasi PKK.

 

Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka peningkatan SDM bagi kader PKK. Antara lain pembinaan ke desa binaan dan evaluasi, lomba inovasi remaja, lomba pelaksanaan UP2K, lomba busana casual berbahan ecoprint, lomba PHBS, dan lomba Posyandu.

 

Sementara itu, Fatimah Verena Prihastyari, Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo, saat membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat, mengajak seluruh jajaran TP PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader Dasawisama, karena kepada mereka terletak fungsi kinerja dari program-program PKK agar tetap selaras dengan program-program pemerintah.

 

Dalam kesempatan ini, 4 Orang yang telah mengabdikan diri selama 25 tahun lebih mendapatkan Penghargaan Adhibakti dari Ketua Umum PKK Pusat. Para tamu undanganpun dihibur oleh Tarian Ndolalak yang dimainkan oleh para kader PKK dan pada akhir acara mereka bernyanyi, berjoget dan menikmati Soto Ayam bersama. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *