Penerangan Listrik Jalan Desa Kelurahan Jadi Agenda Bupati

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Bupati Agus Bastian SE MM menginginkan semua jalan di desa dan kelurahan sudah ada listrik penerangan jalan, juga Penerangan Jalan Umum (JPU). Terutama jalan di gang-gang desa, poros desa, dan jalan desa. Mengingat penerangan jalan itu sangat penting selain menjadikan keamanan di jalan, juga dapat sebagai penunjuk jalan.

Bupati Menargetkan 2020 Semua Jalan Terang Benderang

“Saya targetkan tahun 2020 mendatang semua jalan desa dan kelurahan sudah terang benderang, sehingga memudahkan masyarakat yang akan melalui jalan desa,” pinta Bupati pada kegiatan anjangsana di 8 desa di wilayah Kecamatan Grabag hari ini Kamis (24/1).

Turut mendampingi Hj Fatimah Verena Prihastyari SE selaku istri Bupati, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setyadi SSos, Kepala Dinas PUPR Ir Suranto, Kepala Dinas Perkimtan Ir Susanto SpI, Kadinssosdukkabpppa Dr Kuswantoro Mkes, Staf khusus Bupati Kendrasmoko SSos MSi, Kabag Humas Bambang Gatot Seno Aji SE MM, Camat Grabag Jaenudin SSos, juga hadir perwakilan Dinas Dikpora, DPPKAD, Bagian pemerintahan, dan dinas instansi terkait.

Anggaran Dari APBdes

Bupati mengatakan, untuk merealisasikan penerangan jalan di desa, tentu desa harus menganggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan harus sudah mulai di plotkan, sehingga tidak tertunda-tunda. Juga perlunya melibatkan masyarakat dalam program penerangan jalan yakni melalui penggalangan swadaya masyarakat.

Pada anjangsana tersebut Bupati mengawali kunjungannya di Desa Kedungkamal, Sangubanyu, Tlepokwetan, Tlepokkulon, Wonoenggal, Grabag, Bakurejo, dan Desa Sumberagung. Bupati selain melihat langsung kantor desa, juga menanyakan tentang pelayanan administrasi, dan permasalahan yang ada di desa untuk dijadikan pembahasan terkait solusi penyelesaian kendala-kendala di desa. “Untuk Badan usaha milik desa (Bumdes) juga agar dimaksimalkan, untuk mendongkrak peningkatan perekonomian desa,” ujar Bupati.

Tujuan Anjangsana Bupati

Sementara itu Kadin Permasdes Agus Ari Setyadi menjelaskan, tujuannya anjangsana Pak Bupati untuk mengetahui sarana prasarana mana yang belum ditangani dan yang sudah ditangani, serta sudah memadai belum. Termasuk pelayanan sudah optmal belum, juga infrastruktur yang menjadi kewajiban desa dan kewajiban kabupaten. “Maka sejumlah OPD terkait disertakan dalam anjangsana ini. Untuk bulan Januari ini yang dikunjungi khusus desa-desa yang tidak melaksanakn Pilkades. Sedangkan target Pak Bupati sebelum masa jabatan habis, semua akan dikunjungi sejumlah 494 desa kelurahan,” jelasnya.

Warga Grabag Merasa Surprise Atas Kunjungan Bupati

Camat Grabag, Ahmad Jaenudin, mengatakan, dari 8 desa yang dikunjungi semua kades perangkat tokoh masyarakat, merasa bangga karena Pak Bupati berkenan hadir. Warga merasa surprise dengan kunjungan orng nomor satu di Kabupaten Purworejo ke desanya,  meskipun hanya sebentar karena yang dikunjungi banyak. “Dengan kehadirannya Pak Bupati dan Ibu Fatimah Verena, tentu menjadikan ada kedekatan dengan masyarakat. Sehingga aspirasi dari masyarakat bisa di dengar langsung oleh Pak Bupati. Sehingga semakin memotivasi untuk mendukung program Pak Bupati,” tambahnya. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *