Pemkab Purworejo Usulkan 500 Formasi Loker 2019

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Angin segar buat para pencari lowongan kerja (Loker) di Purworejo, sekitar 500 formasi CPNS diusulkan oleh Pemkab ditahun 2019. Dengan rincian sebagai berikut, komposisinya 30% untuk PNS (164 orang) dan sisanya, 70% (336 orang) merupakan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Tenaga kesehatan mendominasi tahun ini, dalam rangka pemenuhan kebutuhan SDM untuk RSUD tipe C. Jumlah usulan ASN pada tenaga kesehatan ini 213, dengan perincian CPNS 65 orang, dan PPPK 148 orang. Sementara itu kebutuhan guru beberapa SD dan SMP, diusulkan 129 ASN, dengan perincian, 41 CPNS dan 88 PPPK.

 

Usulan juga pada tenaga teknis lainnya, dengan jumlah usulan 158 ASN, dengan perincian 58 CPNS dan 158 PPPK.
“Ini baru kita usulkan ke Men PAN-RB. Berdasarkan surat Men PAN-RB tertanggal 5 Juli, kita diberi kesempatan untuk merevisinya hingga 12 Juli,” kata drg. Nancy Megawati, MM Kepala BKD Purworejo kepada Reviens saat ditemui di ruang kerjanya. Jum’at (12/6).

 

Usulan tersebut akan dikaji di Kementerian PAN-RB, disesuaikan dengan analisis jabatan, analisis beban kerja, serta kemampuan keuangan daerah (APBD). Setelah disetujui, barulah ada penetapan formasi.

 

Nancy berharap, dari usulan 500 formasi ASN tersebut, nantinya bisa disetujui semua oleh Men PAN-RB. Berdasarkan pengalaman tahun 2018 lalu, dari jumlah usulan 475 formasi, disetujui 416.
“Semoga saja nanti segera disetujui, baru nanti ada persyaratan untuk pemenuhan kebutuhan ASN tersebut. Usulan terbanyak memang ada pada tenaga kesehatan di RSUD tipe C, karena direncanakan, tahun 2020 sudah beroperasi, sisanya adalah guru.” pungkas Nancy.

 

Dijelaskan, meski usulan sudah dikirim, namun pihaknya masih diberi waktu revisi dan setelah itu tinggal menunggu SK penetapan berapa yang disetujui.

 

Selain itu Pemkab Purworejo juga menyampaikan Pengumuman Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Camat dan Lurah Nomor: 002/PANSEL/VII/2019 Tentang Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo.

 

Ada 16 lurah dan 4 camat yang dibutuhkan untuk menempati formasi.
Pendaftaran telah disosialisasikan ke berbagai media dan diunggah di website pemkab sejak baru-baru ini dan akan berakhir tanggal 17 Juli mendatang.

 

Sampai berita ini diturunkan belum ada pelamar yang mendaftar. “Ya datang beberapa masih bertanya perihal prosedur dan syarat-syarat untuk mengisi jabatan ini!” tambah Nancy.

RSUD Tipe C Borokulon

Keempat jabatan camat yang kosong adalah Camat Kaligesing, Camat Pituruh, Camat Bayan dan Camat Bruno.

 

Bupati Purworejo, Agus Bastian memang menginginkan seleksi terbuka bagi formasi camat dan lurah. Jika selama ini hanya penunjukkan, tahun ini pertama kali dilaksanakan dengan sistem seleksi.

 

“Dengan seleksi terbuka, kelihatan minatnya menjadi camat atau lurah. Dengan demikian ketika lolos seleksi, menjaga konsistensi dan tanggung jawab serta punya performa kerja yang baik. Kalau orang berkeinginan otomatis akan menunjukkan kinerja tinggi,” lanjut Nancy.

 

Syarat formal sarjana pemerintahan (IPDN), namun tidak menampik kemungkinan dari disiplin ilmu lain. Nantinya panitia seleksi yang terdiri dari Husni Amriyanto Putra (akademisi/dosen UMY), Rumsari (Akademisi), drg Nancy Megawati (Ka BKD) Sumharjono (Asisten I ), dan Ahmad Kurniawan (Kepala Inspektorat) serta akan menilai para pendaftar. Untuk Jabatan Camat, minimal harus ASN golongan 3D.

 

“Penilaian kinerja, asesmen, kompetensi, kepangkatan dan jenjang karir adalah aspek yang harus diperhatikan,” tambahnya. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *