Pelatihan Konseling Pengurus P2TP2A Purworejo

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Sebanyak 40 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) mengikuti pelatihan konseling yang digelar oleh Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Purworejo, Rabu (26/6).

Bertempat di Gedung Aula Joglo Rumah Makan Bebek Goreng Haji Dargo, mereka antusias mendengarkan dua pembicara yakni Drs. Pram Prasetya Achmad, MM (Inner Motivation) dan dr. Ika Endah L, Sp. KJ.,M.Kes (Gaya Pengasuhan Orang Tua).

 

Di sela pemberian materi motivasi oleh Drs. Pram, peserta diberi kesempatan menyaksikan film inspiratif seorang anak kecil yang mampu memantik triger energi positif untuk menggerakkan masyarakat berbuat baik. “Kadang kepekaan sosial itu butuh dipancing seperti triger untuk menggerakkan orang banyak melakukan kegiatan bersama dalam arti yang positif!” kata Drs. Pram kepada peserta.

 

Menurutnya energi positif memilki faktor pendukung, Semangat, Sabar/Tekun, Optimis, Tangguh, Kreatif-Inovatif dan Positive Thingking.

Pembicara ke-2 dr. Ika Endah L, Sp. KJ., M.Kes yang memberi Intro dengan melantunkan lagu “Bagikan Langit dan Bumi” yang sering dibawakan oleh Biduan Nella Kharisma. Lagu yang menceritakan kisah perjalanan cinta anak manusia yang penuh dengan problema hidup. Pesertapun menikmati improvisasi asyik dokter spesialis kejiwaan ini dengan antusias diselingi tarakan nyaring, “Bisa request Jaran Goyang nggak bu dokter!” Suasanapun tambah meriah tanpa mengurangi keseriusan menyimak materi yang dibawakan.

 

“Saya suka ni gaya bu dokter penuh improvisasi, serius dan menghibur bikin nggak bosen dan ngantuk!” kata Wawan salah seorang peserta.

“Pentingnya keluarga dalam membentuk karakter anak, karena keluarga merupakan tempat pertama dan utama bagi pertumbuhan, serta perkembangan anak dan remaja!” kata dokter Ika mengingatkan.

Interaksi antara anak dan orang tua dalam keluarga untuk mendidik dan membimbing serta mengajar anak dengan tujuan tertentu merupakan parenting style (Gaya Pengasuhan). Maraknya berbagai kasus KDRT menyangkut korban perempuan dan anak makin membutuhkan penanganan serius, hal ini direspon oleh P2TP2A Purworejo dengan berbagai kegiatan, diantaranya pelatihan konseling.
“Harapan saya setelah menerima materi dua pembicara ini semua anggota P2TP2A Purworejo makin bertugas dengan baik, bisa mendampingi klien dengan baik serta siap selalu melaporkan temuan kasus yang ada dilapangan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif!” kata Kepala Seksi Perlindungan Perempuan dan Anak, Sri Andriyani kepada Reviens. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *