Pelaku Penggelapan Mobil Rental Di Tangkap

Share Berita Ini!

 

Reviens Purworejo – SatReskrim Polres Purworejo berhasil mengamankan tiga orang anggota sindikat penggelapan mobil rental. Tiga pelaku yakni perempuan berinisial SF (24) dan suaminya MD (31), warga Ngemplak Pungangan RT 02/RW 03, Desa Jangkrikan, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo serta SW (52), sebagai penadah warga Dusun Bumi Godean RT 01/RW 06, Desa Wonolelo, Kecamatan/Kabupaten Wonosobo.

Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, menjelaskan, sindikat ini telah menggelapkan mobil jenis Toyota Avanza All New tahun 2018 warna putih silver dengan nopol AA 9265 KC di Rental Sumber Rezei Trans Purworejo. Pada 13 Desember 2018 lalu, tersangka SF menyewa satu unit mobil selama tujuh hari dengan kesepakatan sewa Rp 2 juta.

“ Kami masih memperdalam meminta keterangan apakah ini merupakan sindikat jaringan antar daerah. Pelaku meyakinkan korbannya saat menyewa mengatakan untuk transportasi dan operasional hotel selama 7 hari, dan pelaku langsung melunasi uang sewa sewa mobil sebesar Rp 2 juta!”kata AKBP Indra Kurniawan Mangunsong Rabu (16/01)

Selepas tujuh hari berlalu, pelaku tak kunjung mengembalikan mobil tersebut dan pihak rentak sulit untuk menghubungi penyewa. Karena merasa jadi korban kejahatan, pemilik Rental Sumber Rezei Trans, Muhammad Haditya Fadli (29), warga Kelurahan Pangenjurutengah, RT 02/RW 01, Purworejo melapor ke pihak kepolisian, pada 26 Desember 2018. Atas laporan tersebut pihak kepolisian kemudian meminta keterangan korban dan melakukan penyelidikan. Satreskrim Polres Purworejo pun bergerak cepat.

Dari hasil penyelidikan, tim opsnal Satreskrim Polres Purworejo yang dipimpin Iptu Setyo Raharjo berhasil mengidentifikasi para tersangka. SF beserta suaminya MD diketahui telah melarikan diri ke luar Jawa Tengah. Tak mau kehilangan jejak, petugas kemudian melakukan pengejaran dan berhasil menangkap keduanya pada jum’at 11 Januari 2019 di wilayah Bekasi.

Dari pengakuan kedua tersangka, mobil yang ia sewa ternyata telah digadaikan ke seseorang berinisial AS di wilayah Wonosobo melalui perantara SW. Anggota kami kemudian mengamankan barang bukti mobil milik korban yang dititipkan oleh AS ke SW. Sedangkan AS selaku penggadai hingga kini masih dalam pencarian,” kata Indra kepada awak media.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini ketiga tersangka harus merasakan dinginnya lantai dan jeruji sel tahanan Polres Purworejo. Mereka dikenai pasal 378 KUHP tentang penipuan atau 372 KUHP tentang penggelapan dan pasal 480 KUHP tentang penadah barang hasil kejahatan, dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *