PC IAI Kabupaten Purworejo Mengedukasi Apoteker Cilik

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Pesatnya loncatan teknologi yang istilah anak muda adalah Zaman Now, memungkinkan setiap orang mendapatkan segala hal yang diinginkan ada di dalam genggaman handphone. Hal ini bisa menyebabkan banyak anak-anak bangsa ini mencari sumber informasi tentang obat, yang memungkinkan anak tersebut untuk menyalahgunakan obat karena minimnya informasi tentang obat yang benar. Oleh karena itu Bidang Pengabdian Masyarakat Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI] melalui program Apoteker Cilik berusaha memberikan kontribusi positif akan permasalahan tersebut.

IkatanApoteker Indonesia sebagai organisasi profesi yang mewadahi para Apotekerter tergerak untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak yang masih rentan menggunakan obat secara salah atau bahkan melakukan penyalahgunaan obat dengan kegiatan Apoteker Cilik.

Abel, Arsa, dan Bintang siswa dan siswi SD Negeri Purworejo Kelas 5 B, pagi itu terlihat bersemangat bernyanyi lagu “Obat Siap Sedia”. Di depan kelas terdapat layar lebar yang memuat beberapa macam obat dengan warna aneka lingkaran. “Baru tahu kalau dalam kemasan obat itu lingkaran berwarna warni itu merupakan kode atau tanda khusus obat berdasarkan pada tingkat keamanan lo!” kata Bintang kepada Reviens.

Lingkaran berwarna Hijau dengan garis tepi berwarna Hitam merupakan tanda buat Obat Bebas, contohnya Vitamin B, sedang lingkaran Biru dengan tepi garis berwarna Hitam untuk obat bebas terbatas, dan lingkaran Merah bertuliskan huruf K dengan garis tepi Hitam merupakan kode untuk Obat Keras yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Dalam rangka Hari Apoteker Sedunia, PC IAI KabupatenPurworejo menggelar acara mengedukasi para apoteker cilik, dengan mengusung Tema “Bersama Apoteker Mengenali Obat Sejak Usia Dini”, salah satunya berlangsung di SD N Purworejo, Sabtu 12/10. Acara ini digelar serentak di seluruh Indonesia berlangsung dari pukul 08.00 – 11.00 WIB dalam rangka memecahkan rekor MURI.

Di Kabupaten Purworejo sendiri digelar di 7 Sekolah Dasar yakni SD Negeri Purworejo, SD Negeri Pangen Gudang, SDIT Ulul Albab 2 (Kecamatan Purworejo); SD Negeri Kutoarjo, SD Negeri Wirotaman, SD Negeri Prajuritan (KecamatanKutoarjo); SD Negeri Brengkol (KecamatanPituruh). Acara ini melibatkan 58 Apoteker dan 316 siswa siswi khusus wilayah Purworejo.

“Acara ini digelar secara Live selama 10 menit di depan kamera di semua tempat bisa dilihat dari oleh pengurus pusat dan nantinya di upload di channel Youtube serta dilombakan!” tambah Drs. Budi Santoso, Apt. MM Keua PC IAI Kabupaten Purworejo.

Apoteker Cilik ini nantinya setelah mendapat edukasi dan materi pengenalan obat-obatan secara benar dapat menularkan pengetahuannya kepada teman-teman dan keluarganya. Di akhir acara mereka mendapatkan selempang dan pin lencana apoteker cilik.”Saya sangat berterima kasih dengan digelarnya acara ini, anak-anak yang tadinya belum paham soal obat-obatan dan minim pengetahuan akan semakin paham dan bijak ke depannya terkait dengan treatmen dan penggunaan obat-obatan!” kata Sugiyarti, M.Pd, Kepala SD Negeri Purworejo kepada Reviens. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *