Masdjid Al Syamsiah Untuk Syiar Islam Dalam Bingkai NKRI

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Dengan diawali dengan serangkaian rasa syukur dan pembacaan ayat suci Al Qur’an, sebuah Masdjid bernama Al Syamsiah diresmikan penggunaannya di Kampung Senepo Timur, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jum’at (10/1).  Masjid yang berdiri di atas tanah milik Bapak Bahari, putra pertama (Alm.) Bapak Syamsi dengan lahan seluas 338,60 M persegi yang terdiri dari bangunan masdjid seluas 321 M persegi dan bangunan penunjang seluas 17,60 M persegi diharapkan mampu melengkapi sarana beribadah warga sekitar.

 

“Seperti namanya, Syamsiah, semoga masdjid ini bisa menjadi penerang atau pepadhang warga Senepo Timur khususnya dalam melakukan aktifitas beribadah, selain itu juga mencetak generasi berakhlak mulia, bisa dijadikan tempat ngaji anak-anak dan selalu dimakmurkan!” kata Camat Kutoarjo, Sumarjana, S.Sos dalam sambutannya.

 

Warga dan tamu undangan Sholat Jumat berjamaah di Masdjid Al Syamsiah

Berhias International Code Of Signal dalam bentuk berbagai bendera berwarna warni, Masdjid Al Syamsiah terlihat megah dilengkapi sarana MCK serta CCTV yang terpasang untuk pengamanan. “Kami sangat mengharapkan agar masdjid ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan warga Senepo Timur, Kutoarjo sekaligus sebagai sarana syiar Agama Islam yang tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.” kata Laksamana Muda TNI Arusukmono I.S., S.E., M.M dihadapan tamu undangan.

 

Peresmian penggunaan Masdjid Al Syamsiah ditandai dengan pemotongan pita oleh Hj. Titik Sri Indriyati, dilanjutkan dengan Sholat Jum’at diikuti ratusan tamu undangan termasuk pejabat Forkopimca (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Kutoarjo dan warga sekitar. Setelah acara pemotongan Nasi Tumpeng dilanjutkan dengan menikmati hidangan makan siang bersama.

 

Menurut Laksamana Muda TNI Arusukmono I.S., S.E., M.M., sebagai bagian dari Keluarga Besar TNI Angkatan Laut, dirinya memberi nama masdjid inipun tak jauh dari salah satu matra dari TNI. AL Syamsiah di sini merupakan singkatan dari Angkatan Laut, kebetulan ayah saya seorang tentara yang Angatan Laut, saya sendiri juga berdinas di Angkatan Laut!” katanya bangga.

 

Laksamana Muda TNI Arusukmono I.S., S.E., M.M

 

Pembangunan Masdjid Al Syamsiah yang menelan biaya sebesar Rp. 502.939.000,- mendapat sambutan hangat dari warga sekitar, beruntung pula mendapatkan pemberian lahan seluas 2×32 M di sebelah Barat masdjid yang digunakan sebagi akses jalan. Sementara dari sebelah Timur mendapat pemberian lahan seluas 1×10 M yang digunakan sebagai akses jalan dari arah Timur, dekat Makam Mbah Bei salah satu leluhur warga Senepo Timur. “Alkhamdullilah pembangunan masdjid yang memakan waktu sekitar 4 bulan 10 hari dapat diselesaikan dengan lancar dan baik tanpa ada hambatan yang berarti!” kata Letkol Laut Husein Setiawan, Ketua Pembangunan Masdjid Al Syamsiah kepada Reviens. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *