Markas Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Wajah Humanis Di Perayaan HUTke -59 Kostrad

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – HUT Ke- 59 Kostrad yang jatuh pada tanggal 6 Maret dirayakan cukup meriah di Markas Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad di Purworejo pada Hari Minggu (8/3).

Serangkaian kegiatan telah mengawali sebelumnya, seperti anjangsana ke rumah anggota yang sakit menahun, berbagi kasih serta kepedulian pada para mantan anggota yang cacat saat berjuang terkena peluru dan menjalin silaturahmi dengan para Warakawuri (Janda prajurit TNI) serta ziarah dan karya bakti membantu warga sekitar markas, termasuk korban banjir yang belum lama terjadi di Purworejo.

Keceriaan Hari Minggu pagi di Markas Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Purworejo terasa sekali, anak-anak TK dan Paud selepas mengikuti Lomba Mewarnai berbaur akrab dengan para anggota prajurit. Sesekali mereka berfoto bersama anggota Satgultor (Satuan Penanggulangan Teror) lengkap dengan uniform berwarna Hitam dan senjata di tangan.

“Besok kalau sudah besar aku mau jadi kaya om ini, gagah banget dengan Baret Hijau dan senjata buat melindungi negara Indonesia!” kata Inay salah satu anak Paud dengan bangga.

Beberapa unit Alutsista (Alat Utama Sistem Pertahanan) dipajang dalam sebuah display menjadi “mainan” anak-anak. Kendaraan Khusus (Ransus) Perang Jarak Dekat Hilux buatan Jepang menjadi daya tarik buat anak-anak, tak jarang mereka berlompatan naik ke atas mobil berlapis baja itu. Ransus BTR buatan Jerman tahun produksi 1973 tak lepas dari perhatian dan diminati anak-anak untuk digelayuti layaknya mainan. Kemudian Tank lapis baja buatan USA tahun 1960 dikelilingi puluhan menunggu giliran naik di atas ranpur ini. Beberapa mengamati senjata Shot Gun Benelly buatan Italy yang ditenteng anggota Satgultor. Tak kalah menarik senjata yang dipakai para sniper (penembak jitu/runduk) yakni AW Sniper buatan Inggris kaliber 7,62×51 MM, lengkap dengan pakaian berumbai-rumbai untuk kamuflase saat beraksi di medan tempur.

“Masyarakat harus tahu bahwa di sini ada batalyon punya alutsista cukup lengkap buat lindungi negara dan rakyat!” kata Danyonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad, Mayor Inf. M. Renaldy Herbowo, S.Sos, M.Si kepada Reviens.

Selain menggelar beberapa unit alutsista, beberapa kegiatan seperti bakti sosial kesehatan diperuntukkan buat masyarakat, juga lomba fotografi yang diikuti oleh para prajurit. “Ke depan, khusus untuk fotografi akan kami agendakan iven lebih luas dan menarik dengan tema militery forografi, serta yang out of the box lomba ketapel (plintheng) secara terbuka untuk umum tgl 22 dan kicau burung tgl 15!” tambah lelaki asal Sidoarjo alumni Akmil 2003 ini.

Dirinya berharap masyarakat bertambah pengetahuannya bahwa TNI bukan serta merta tempur saja, sesuai UU tugas tentara selain perang juga membantu masyarakat, sehingga wajah humanis TNI makin terlihat nyata. Batalyon yang beranggotakan sekitar 700 an anggota yang terbagi dalam dalam 5 kompi ini keberadaanya selalu makin dicintai masyarakat terlebih saat menjalankan misi sosial. “Anak-anak akan mengenal TNI sejak dini lewat lomba mewarnai!” tambahnya.

Sekitar 160 an peserta lomba mewarnai tercatat mengikuti iven ini terlihat antusias dengan dikawal para orang tuanya. Mantan Kaspri (Kepala staf pribadi) Pangkostard ini membawa warna baru batalyon yang bermarkas di Jalan Kesatrian Purworejo dengan ide-ide segar yang menarik. “Saya kenal fotografi diracuni oleh Alm. Kristupa founder Fotografer.net!” katanya bercerita soal hobi fotografi.

Reviens sendiri datang sebagai juri lomba fotografi bertema Militer Fotografi. Acara berlangsung sukses dan meriah diiringi hiburan Bharata Band dengan lagu-lagunya yang up to date seperti Welcome to My Paradise (Steven & Coconut Treez), Selamat Ulang Tahun (Jamrud) dll. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *