Mahasiswa PG Paud FKIP UNS Adakan Pendidikan Covid RT Desa Kesawen

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo, Pituruh – Di tengah pandemi ini, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) turut berupaya dalam menanggulangi rantai penyebaran virus corona. Salah satu program yang diprakasai adalah relawan Covid UNS di Desa wilayah masing-masing mahasiswa.

Novianti Puspitasari merupakan mahasiswi PG PAUD FKIP UNS yang turut bergabung dalam Relawan Covid UNS. Novi menuturkan bahwa dirinya merasa harus turut aktif berkontribusi dan bermanfaat pada lingkungan sekitar khususnya di Desa Kesawen, kecamatan Pituruh terlebih dalam masa pandemi ini.

“Saya pulang dari Solo waktu itu tiga hari sebelum adanya PSBB. Jadi saya kuliah daring dari rumah. Kondisi ini membuat hati saya tergerak, melihat persebaran virus corona terus meningkat, namun berbanding terbalik dengan kesadaran masyarakat atas bahayanya virus ini masih rendah”, ujar Novi yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum UKM Lingkar Studi Pendidikan UNS.

Gadis yang baru saja terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) III FKIP UNS 2020 ini memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk turut mendukung pemahaman covid-19 pada masyarakat guna memutus rantai penyebaran virus corona. Melalui programnya SIKAID (Sinergi Edukasi Covid) Desa Kesawen dibawah bimbingan Bapak Drs. Wahyudi, M.Pd., dia mengedukasi dan mengajak warga Desa Kesawen untuk tanggap terhadap covid-19.

Program yang dilakukan antara lain edukasi melalui sosialisasi keliling sambil patroli masker bersama Bapak Mohammad Wahidin selaku Kepala Desa Kesawen dan Bapak Ponadi selaku Kepala Dusun Kesawen. Dalam sosialisasi ini, Novi beserta perangkat desa Kesawen mensosialisasikan pentingnya mematuhi anjuran pemerintah, dan melakukan patroli masker dengan memberi masker kepada warga yang tidak menggunakan masker di luar rumah, serta mengajari memakai masker dengan benar kepada warga.

Selain itu Novi juga membuat program yang dikemas sebagai Pendidikan Covid-19 Rukun Tetangga. Program tersebut ditujukan untuk warga RT 02 Rw 01 Desa Kesawen. Kegiatan yang dilakukan menggunakan SOP Social Distancing bertempat di kediaman gadis berusia 21 tahun ini.

“Pendidikan Covid Rukun Tetangga kami lakukan rutinan seminggu sekali setiap Hari Jum’at pagi, dan sudah berlangsung sejak tanggal 22 Mei 2020 hingga saat ini. Kegiatannya diawali dengan senam bersama kemudian dilanjutkan dengan edukasi. Untuk edukasinya yang telah saya lakukan yakni pembagian poster edukasi dan sabun cuci tangan, membuat tempat untuk cuci tangan dengan memanfaatkan barang bekas, praktek cuci tangan, penggunaan masker, dan rencana selanjutnya akan kolaborasi dengan mendatangkan tokoh masyarakat bidang kesehatan, serta penguatan pangan dengan membuat kebun sayur. Selain itu, untuk menyebarluaskan ilmu dalam pendidikan covid ini. Kami selalu mendokumentasikannya, kemudian diupdate ke Facebook Desa dan grup Whatsapp Desa”, terang Novianti saat dikonfirmasi.

Dalam masa pandemi ini, Novi berharap masyarakat bisa menumbuhkan kesadaran tanggap covid-19 dan bersinergi mematuhi anjuran pemerintah serta membantu perjuangan tenaga medis dengan melakukan kegiatan positif dan tetap produktif walau di rumah aja.

Post Author: Achmad Luthfi Khakim

Kontributor Reviens Purworejo di kecamatan Pituruh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *