Lomba 17-an Pasar Inis, Dari Desa Untuk Indonesia

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Dalam rangka merayakan hari kemerdekaan  RI Ke-74, destinasi digital Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Pasar Inis Purworejo mengadakan acara lomba, Minggu (18/08/2019). Lomba yang diselenggarakan di area wisata Pasar Inis bertemakan “Guyub Rukun” bertajuk “Dari Desa untuk Indonesia”.

 

 

Lomba yang diselenggarakan di Pasar inis ini memang sedikit berbeda dengan lomba-lombak 17-an pada umumnya.  “Keterlibatan anggota keluarga. Menjadi syarat utamanya. Peserta adalah suami istri, anak dan orang tua, kakak adek, sahabat dekat menjadi hal unik yang diangkat dalam lomba tersebut”, ungkap Rianto Purnomo selaku Lurah Destinasi Digital GenPI,  Pasar Inis.

 

 

 

Menurutnya, Kenapa mengangkat lomba tersebut karena dengan Kemerdekaan ini, kita dapat memaknai dari lingkup paling kecil yaitu keluarga. Memerdekakan hak & kewajiban masing-masing anggota Keluarga, memperkuat nilai  kebersamaan dan gotong royong serta kedekatan hubungan sesama manusia yang dalam hal ini adalah warga negara/masyarakat. Guyub Rukun sebagai anggota Keluarga pada khususnya dan sebagai warga Negara pada umumnya.

 

 

Lomba yang diikuti oleh pengunjung Pasar inis ini melombakan beberapa perlombaan diantaranya  Pertama: Balon merdeka : joged menggunakan balon, berpasangan, Kedua: Balap theklek : berpasangan, anak-anak dan balapan theklek. Theklek atau bakiak adalah  Permainan tradisional yang harus kita lestarikan eksistensinya, jangan sampai kalah bahkan hilang tergusur game android, dan terakhir Happy family : berpasangan suami istri, anak dengab orang tua juga sahabat makan krupuk dengan balon di dada. Dan para pemenang lomba mendapatkan Voucher makan gratis di Pasar Inis.

 

 

“Dengan mengadakan perlombaan ini, buat kami memaknai 17 an ini adalah, Kami bersyukur, lahir dan besar di Indonesia. Kami bahagia tinggal di Desa. Kami bersemangat….dari Desa Untuk Indonesia”, tutup Mas Pur. (cc)

Post Author: Chodri Al-Rosyd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *