KPU Kabupaten Purworejo Yakinkan Tetap Aman Pilbub Purworejo 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Komisi PemilihanUmum (KPU) Kabupaten Purworejo mulai mempersiapkan tahapan lanjutan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo tahun 2020 yang sempat tertunda selama hampir 3 bulan.

 

Setelah terbit PKPU No 5 tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan KPU RInomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan/atau Wakil Wali Kota Tahun 2020 maka KPU resmi melanjutkan tahapan pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020.

 

Ketua KPU Kabupaten Purworejo Drs. Dulrokhim mengatakan bahwa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember tahun 2020, sebagai Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Purworejo siap untuk melanjutkan kembali tahapan Pilbup Purworejo thn 2020 yang sempat tertunda karena adanya Corona Virus Disease2019 (Covid-19) yang melanda Indonesia.

 

Seperti kita ketahui bahwa Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 yang diselenggarakan oleh 270 daerah termasuk Kabupaten Purworejo sedianya akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 September 2020, namun ditunda oleh KPU RI dengan pertimbangan penyebaran covid-19 dan pernyataan resmi World Health Organization (WHO) bahwa covid-19 menyebabkan kedaruratan kesehatan yang meresahkan dunia, serta masukan dari Bawaslu Republik Indonesia.
Tahapan yang sempat ditunda adalah Pelantikan dan masa kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS), Verifikasi Syarat Dukungan Calon Perseorangan, Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dan Pelaksanaan Coklit serta Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih.

 

Kemudian lanjut Dulrokhim, bahwa tahapan yang paling dekat adalah pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-KabupatenPurworejo yang ikut tertunda, dan akan dilaksanakan dimasing-masing Kecamatan pada Hari Senin tanggal 15 Juni 2020. Pelantikan didelegasikan kepada Ketua PPK, namun tentu PPK ini juga kita aktifkan kembali dengan masa kerja mulai tanggal 15 Juni 2020 sampai dengan 31 Januari 2021.

 

Sebelum pengaktifan kembali PPK dan PPS, KPU Kabupaten Purworejo juga sudah memastikan bahwa PPK dan PPS yang akan diaktifkan masih memenuhi syarat sebagai penyelenggara pemilu.

 

“KPU Kabupaten Purworejo juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait baik melalui lisan maupun surat terkait dengan kelanjutan tahapan Pilbup Purworejo tahun 2020, diantaranya dengan Pemkab Purworejo (Desk Pilkada), Gugus Tugas penangan percepatan pencegahan covid-19, Bawaslu Kabupaten Purworejo dan juga Polres Purworejo, dengan harapan semua tahapan dapat berjalan dengan lancar dan baik serta didukung oleh semua Stakeholder agar tercipta Pemilihan yang bermartabat.” kata Dulrokhim.

 

Sementara itu Akmaliyah,M. Pd.anggota KPU Kab. Purworejo divisi Sosialisasi dan SDM menyampaikan bahwa setelah diaktifkan kembali maka PPK dan PPS akan langsung bekerja diantaranya yang paling dekat yaitu melakukan pemetaan TPS, pembentukan PPDP pada tanggal 24 Juni sampai dengan 14 Juli, Verifikasi Faktual syarat dukungan paslon perseorangan ditingkat desa/kelurahan pada tanggal 24 Juni – 12 Juli 2020 dan coklit atau pencocokan dan penelitian pada tanggal 15 Juli – 13 Agustus 2020.

 

Semua tahapan penyelengaraan Pilbup Purworejo tahun 2020 akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19. Bahkan sebelum diaktifkan kembali semua PPK dan PPS serta sekretariatnya harus menandatangani surat pernyataan sehat khusus Covid-19 bermaterai sebagai tahap awal pencegahan penyebaran covid-19 dari klaster penyelenggara. Jangan sampai masyarakat/pemilih nantinya malah menjadi takut untuk berpartisipasi dalam Pilbup karena penyelenggaranya ada yang terpapar covid-19, kata Akmaliyah.

 

Penyelenggara Pemilu harus mampu meyakinkan masyarakat/pemilih bahwa Pilbup ditengah tengah pandemi seperti sekarang ini tetap aman untuk dilaksanakan, maka setiap tahapan harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *