Kodim 0708 Purworejo Gelar Khitanan Massal

Share Berita Ini!

Revisns Purworejo – Jerit tangis dan sesekali diselingi suara tertawa meramaikan suasana pagi di 10 Bilik yang ada di Makodim 0708 Purworejo.

Ratusan anak dari kalangan keluarga tidak mampu dari berbagai wilayah Purworejo, mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan oleh Kodim 0708 Purworejo, Jum’at (18/1), di aula Jendral Sudirman, Makodim Purworejo.

Kegiatan khitanan massal ini, digelar dalam rangka Bakti Sosial Kodim 0708, dengan melibatkan kalangan dokter dan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo.

Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf Muchlis Gasim, S.H, M.Si, yang membuka secara resmi kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa kegiatan khitanan massal ini merupakan bagian dari rasa kepedulian Kodim Purworejo terhadap masyarakat.

“Khususnya warga yang kurang mampu serta untuk meningkatkan dan mempererat persaudaraan dalam mempermudah penyelenggaraan aktivitas sosial secara koordinasi, sinergis, dan terarah!” kata Gasim kepada awak media.

Bakti sosial khitanan massal yang diikuti oleh 108 anak yang rata-rata masih duduk di Sekolah Dasar tersebut, memprioritaskan kepada warga yang kurang mampu di wilayah Kabupaten Purworejo, yang di data oleh Babinsa di wilayah Koramil jajaran Kodim.

“Kita semua tahu, saat ini bertepatan masyarakat Purworejo sedang mengalami bencana banjir dan longsor. Dari sinilah kita berinisiatif membantu bagi warga yang kurang mampu untuk melaksanakan fase wajib dalam agama Islam, yaitu khitan,” jelas Dandim.

Lebih lanjut Dandim berharap kegiatan ini bisa membantu keluarga si anak yang kurang mampu dan membantu si anak untuk melewati fase masa di mana bisa di anggap dewasa dan salah satu kewajiban dalam agama Islam.

“Kedepan, kita siap bersinergi dengan instansi terkait dan masyarakat, serta elemen masyarakat untuk selalu berbagi dan berbuat terbaik untuk masyarakat Purworejo,” kata Dandim.

Paijan (40th) salah satu ayah dari peserta khitanan massal asal Kecamatan Pituruh menyampaikan rasa terima kasih kepada Kodim 0708 Purworejo yang telah menyelenggarakan bakti sosial khitanan masal. Dengan adanya kegiatan tersebut, dirinya mengaku sangat terbantu.

“Anak saya meski merasakan sakit tapi senang. Selain dikhitan secara gratis, anak-anak juga mendapat bingkisan berupa sarung, baju koko, dan uang saku,” kata Paijan yang seekali menuntun putranya masih kesulitan berjalan kaki. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *