KKN Di Era Covid-19, Mahasiswa UNS Aktif Berkontribusi Di Daerah

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan realisasi salah satu isi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. KKN UNS di Era Covid-19 merupakan model KKN yang disesuaikan dengan kondisi mewabahnya Covid-19 yang saat ini sedang terjadi. Kegiatan dilaksanakan di desa wilayah masing-masing.

Salah satu mahasiswa yang tergabung dalam KKN Covid-19 adalah Lani Gunawan. Lani Gunawan merupakan Mahasiswi Program Studi S1 Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Ia turut bergabung sebagai Relawan Covid-19 UNS Tahap 2 periode 15 Mei – 30 Juni 2020 Desa Kedunggubah, Kecamatan Kaligesing, Purworejo.

Menurut Lani tujuannya adalah meningkatkan pemahaman tentang Covid-19 di kalangan masyarakat Desa Kedunggubah, Kecamatan Kaligesing dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Drs. Wahyudi, M. Pd

“Tema besar yang saya ambil pada kegiatan KKN ini yaitu Supporting Pemahaman Masyarakat tentang Covid-19, sehingga masyarakat Desa Kedunggubah diharapkan bisa semakin aware terhadap kondisi pandemi seperti ini”, tutur Lani.

Program yang dilaksanakan antara lain penyebaran informasi tentang pengertian covid-19, pentingnya mencuci tangan, pentingnya menggunakan masker, dan pentingnya memerhatikan protokol setelah bepergian. Informasi tersebut disebarkan melalui grup whatsapp Romansa Kedunggubah serta instagram @kkn_kedunggubah.

Selain itu, mahasiswi yang merupakan Koordinator Kewirausahaan HMTK FT UNS Periode 2019 ini juga memberikan edukasi cara membuat masker kain yang sederhana ke Ibu-ibu Dasawisma Pepaya Desa Kedunggubah, kemudian mempraktekkannya bersama-sama.

“Terima kasih Mbak Lani, pada pertemuan dasawisma di masa corona ini mbak Lani bersedia berbagi ilmu yang sangat bermanfaat, semoga kita semua diberi kesehatan“, ujar Bu Sunarti sebagai Ketua Dasawisma Pepaya di penghujung acara pertemuan dasawisma pada Jumat, 22 Mei 2020.

Lani juga melaksanakan program pemasangan banner alur pemantauan pendatang atau pemudik di Posko Siaga Covid-19 dan juga turut mengikuti penjagaan posko sesuai jadwal yang telah dibagi. Program yang terakhir dilaksanakan adalah Bakti Sosial. Di acara tersebut Lani membagikan stiker physical distancing, sabun, dan paket sembako.

Semua rangkaian kegiatan KKN Covid-19 berjalan baik sesuai yang diprogramkan di awal berkat dukungan Dosen Pembimbing, Kepala Desa, Perangkat Desa, dan segenap keluarga besar Desa Kedunggubah. Dengan berakhirnya kegiatan KKN Covid-19 ini, Lani sangat berharap masyarakat dapat terus menjalankan hal-hal positif dari apa yang sudah didapat di kegiatan KKN sehingga semua terjaga dari COVID-19.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *