Kenakan Kebaya Nusantara, Muda Ganesha 92 Berbagi Iftar Nasi Pecel

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Sore itu Gedung Paseban sebelah Timur depan Rumah Dinas Bupati Purworejo, Senin (27/5), terlihat meriah dengan kadatangan perempuan-perempuan mengenakan Kebaya Nusantara yang berwarna-warni. Puluhan Besek (anyaman bambu berbentuk kotak), Nasi dalam Cething dan berbagai Jajanan tradisional, seperti Clorot, Gethuk, Kue Lompong serta Menu Pecel disajikan di sana.

Suasana akrab dan familiar terasa sekali, saat masyarakat pengguna jalan seputaran Alun-alun Purworejo berbaur antri secara tertib. Layaknya Mbok Bakul di Pasar Tradisional, para perempuan berkebaya ini sembari ngobrol akrab, melayani masyarakat yang menanti paket Nasi Pecel itu.

Sebuah situasi yang sangat kontras dengan tensi dan suhu politik yang masih terasa memanas jelang Pilpres 2019.Ini semua menjadi ironi tersendiri manakala masyarakat seolah terbelah dalam dua kubu.

Dalam situasi politik seperti ini adalah penting melekatkan kembali jalinan kesatuan sesama anak bangsa, apalagi dalam momentum yang tepat di Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah.

“Kami ingin mengingatkan bahwa keberkahan Ramadhan hanya bisa diraih dg hati yg bersyukur, ceria dan bahagia. Terlepas dari siapapun kita, asalkan bisa tulus dalam kebersamaan, pasti akan bahagia dan ceria!” kata Wiwin, salah satu panitia acara ini.

Para perempuan berkebaya Nusantara yang tergabung dalam Muda Ganesha 92 (Alumni SMA N 1 Purworejo lulusan tahun 1992) ini juga mengingatkan untuk merajut kembali kebersamaan masyarakat yang nyaris terbelah dalam arus Pilpres.

“Seperti filosofi Nasi Pecel yang di dalamnya terdiri dari berbagai sayur mayur, ada Kecambah, Daun Suring, Kol, Buah Ketimun, Kacang Panjang, Wortel dan Sambal Kacang yang saling menyatukan cita rasa khas yang lezat. Seperti inilah Bangsa Indonesia yang kita cintai, meski terdiri dari berbagai ragam perbedaan!” kata Wiwin buru-buru mengingatkan.

Mereka juga mengajak meng “uri-uri” (menjaga kelestarian) pakaian seperti yang mereka kenakan sore itu, Kebaya Nusantara.

Berbagi Iftar Nasi Pecel, akan dikemas dengan nuansa Jawa Tempo Dulu, lengkap dengan keakrabannya. Hidangan nasi pecel sebanyak 200 porsi ludes dalam waktu yang tak lama dibagikan kepada masyarakat yang sedang melewati seputaran Alun2 Purworejo.

Semangat membangun keakraban dan hubungan yang familiar diperlihatkan dalam berbagi kepada masyarakat. Bahwa dengan hati yang iklas dan gembira, walau dalam bentuk aksi yg kecil mungil, Insyaallah akan membawa berkah. Seperti tema yang diusung “ MG’92 berbagi keceriaan di Bulan penuh Berkah”.

Selain itu Muda Ganesha 92 juga mengajak masyarakat Purworejo untuk mampu memanfaatkan ruang-ruang publik yang sudah tertata rapi dengan maksimal, sehingga akan menjadi tempat yang saling menginspirasi sesama.

Hadir dalam acara tersebut beberapa alumni lintas angkatan yang kebetulan melintas, salah satunya Direktur PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, ST, Msi (MG’90) dan Mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Purworejo Tri Joko Pranoto (kini sudah pensiun).

“Kami ini seperti keluarga besar, para alumni SMA N 1 Purworejo yang tergabung dalam Muda Ganesha selalu disatukan oleh rasa yang sama, peka dalam kepedulian sosial, memberi kontribusi positif buat masyarakat!” tambah Wawan (MG 91).

Sepanjang dimulainya acara, Grup Musik Prapatan Bangjo menghibur dengan lagu-lagu instrumental terdiri dari Angklung, dan peralatan perkusi lainnya. Meskipun hujan gerimis turun, acara berlanjut sampai Bedug Maghrib bergema. Dan semua larut dalam kegembiraan dan keakraban berbuka bersama. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *