Jokowi Unggul Dalam Rekapitulasi KPU Purworejo

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di Kabupaten Purworejo, dinyatakan kelar dengan hasil akhir suara Jokowi unggul atas Prabowo.

Drs. Dulrohim, Ketua KPU Kabupaten Purworejo menyatakan bahwa rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 dilaksanakan selama 3 hari sejak Jumat (3/5) lalu berjalan lancar.
KPU Kabupaten Purworejo menyelesaikan rekapitulasi dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo selama 3 hari.

Hasilnya, suara capres/cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mengungguli capres/cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

“Proses rekapitulasi selesai malam ini setelah berlangsung lancar. Dari total suara sah 463.498, Capres/cawapres 01 mendapat 342.173 suara sedangkan pasangan 02 mendapat 121.325 atau pasangan 01 mendapat 73,82 persen suara dan pasangan 02 mendapat 26,18 persen suara,” kata Dulrohim kepada wartawan ditemui di Gedung Kesenian Sarwo Edhie Wibowo, Minggu (5/5/2019) malam.

Terlihat adanya peningkatan jumlah partisipasi pemilih yakni sekitar 9 persen ditahun ini.

“Secara komparatif bisa kita lihat dan bandingkan Pilpres dan Pileg 2014 yang lalu, partisipasi pemilih hanya 68,5 persen. Namun pada pemilu kali ini, jumlah partisipasi pemilih mengalami peningkatan hingga 77,5 persen,” tambah Dulrohim.

Rapat pleno secara umum berjalan dengan lancar meski sempat diwarnai protes dan perubahan data. Setelah selesai rapat pleno, hasil akan diserahkan langsung kepada KPU Provinsi.

“Syukur Alhamdulillah secara umum rapat pleno berjalan lancar. Hasilnya sesegera mungkin malam ini akan langsung kami serahkan langsung ke KPU Provinsi,” imbuhnya.

Rapat pleno ditutup dengan deklarasi damai para saksi. Hal tersebut bertujuan untuk tetap menjaga suasana aman dan damai setelah rekapitulasi usai, dan semua pihak bisa menerima hasil rekapitulasi. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *