Jemaah Haji Indonesia Asal Purworejo Gelar Upacara HUT RI Ke-74 di Tanah Suci

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo, Makkah – Sekitar 300 peserta diantaranya merupakan Jamaah Haji Indonesia asal Kabupaten Purworejo yang tergabung dalam Klompok Terbang (Kloter) 32 dan Kloter 33 mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-74 di Hotel Wehdah Al Khair, Makkah, (17/8).

Acara di Mulai pukul 07.30 waktu setempat diikuti dengan khidmat. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa cinta tanah air dan syukur kepada Allah SWT atas karunia nikmat kemerdekaan yang diberikan lewat proses perjuangan panjang. Darah, air mata, keringat, nyawa telah diperatruhkan oleh para pahlawan pendahulu kita yang gagah berani. Makna Kemerdekaan buat para jamaah haji sangat penting artinya dalam proses rangkaian ibadah haji, karena merdeka adalah salah satu syarat wajib haji.

Ada 6 kloter, 2 diantaranya dari Kabupaten Purworejo. Dalam upacara bendera ini pesertanya terdiri dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Petugas Kloter dan Petugas Daerah (Tim Pemandi Haji Indonesia/TPHI), dan Ketua Regu serta Ketua Rombongan sebagai perwakilan jamaah Indonesia.

 

 

Bertindak selaku Pembina Upacara H. Sumaryono, Jamaah Haji asal Purworejo yang kini menjabat sebagai Wakalpolres Rembang, dengan Pemimpin Upacara H. Sumarsono Jamaah Haji asal Yogjakarta, dan bertigas sebagai Pembaca Doa, yakni H. Muh Zainal Fitri (TPHI Kloter 33 SOC Purworejo). Terlihat pula dalam barisa peserta yakni dua pejabat asal Kabupaten Purworejo, yang tercatat sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kab Purworejo, Yuli Hastuti, SH (Wabup) dan Luhur Pambudi (Ketua DPRD Purworejo).

Lagu Kebangsaan kita Indonesia Raya berkumandang di Tanah Suci Makkah saat prosesi upacara digelar, disusul pula Lagu Nasional yang dinyanyikan penuh semangat nasionalisme diantaranya, Indonesia Merdeka, Bagimu Negeri, Garuda Pancasila, Syukur dan Yalal Wathon.

 

Rasa cinta bangsa dan negara Indonesia ini mendapatkan apresiasi dari Maktab Arab Saudi dan Pemilik Hotel Wehdah Al Khair. Nasionalisme para jemaah haji asal Purworejo khususnya dan asal Indonesia pada umumnya yang mengenakan baju seragam Batik Nasional seperti tak pernah luntur meski mereka disibukkan kewajiban menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, Makkah.

Menurut KH. Abdi Sandiko, S.Pd.I, Direktur Utama Yayasan Al Fathonah Purworejo, merayakan HUT Kemerdekaan RI di Tanah Suci membawa kesan dan rasa tersediri. “Mengikuti Upacara Bendara dalam rangka HUT Kemerdekaan RI di Tanah Suci Makah sangat mengesankan, masih ada nasionalisme dalam dada dan bangga akan sikap patriotisme kita, lebih-lebih saat di negeri orang. Saya sudah 2 kali mengikuti perayaan HUT Kemerdekaan RI di Makkah, th 2018 dan 2019. Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan besar atas nilai-nilai patriotisme dan infiltrasi budaya asing. Ini momentum yang pas untuk menguatkan pratriotisme kita… Orang Arab saja kemarin terkesan melihat kegiatan kita, dan memberi apresiasi, maka kita harus bangga ber NKRI!” kata Abdi tegas. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *