HUT BPT ke-3 Rapatkan Barisan Perangi Hoax

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Suasana familiar terlihat jelas saat para tamu udangan berdatangan di gelaran Ulang Tahun Berita Terkini Purworejo (BPT) ke – 3. Berbagai komunitas se-Purworejo dan undangan luar kota mengalir datang di Ball Room Rumah Makan Bebek Dargo – Purworejo. Aneka makanan dan minuman siap dihidangkan plus keramahan lokal tuan rumah awak BPT menyambut mereka. BPT yang awalnya terbentuk dari penyatuan ide para pemilik akun di Facebook di seputar Purworejo, dengan 7 admin menyatukan visi dan misi dalam satu grup yang mewadahi apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat Purworejo terutama peristiwa dengan akselerasi yang cukup tinggi. Namun BPT tetap memiliki rule (aturan main tersendiri) untuk memfilter konten yang akan ditayangkan.

Dalam syukuran ulang tahun ke-3 ini Mengusung tema Cerdas Bermedia Elegan Berbudaya Seirama Menuju Romansa Purworejo

“Kita cukup prihatin dengan fenomena isu hoak yang isinya bohong, dan fitnah. Kita siap melawan lewat BPT dengan membuat jejaring berbagai komunitas yang ada!” kata Bayu Achmad Ketua Panita sekaligus admin BPT.

Sekitar 42 komunitas lokal dan 19 luar kota datang antusias memenuhi kursi undangan Ball Room RM Bebek Goreng Dargo

Ekspektasi kita sekitar 500 an undangan tapi bisa kita lihat banyak komunitas yang sevisi ini membuktikan jejaring yang bagus buat BPT. “ tambah Bayu. Ada RJP (Relawan Jalanan Purworejo) yang mengusung semangat ikhlas menolong sesama di jalanan, (SP) Sahabat Purworejo, (PWB) Paguyuban Wayah Bagelen, Komunitas otomotif, (ICP) Info cegatan Purworejo, (ICJ) Info Cegatan Jogja,(ICK) Info Cegatan Klaten, (ICS) Info Cegatan Solo, (Pawartos) Paguyuban Warga Ageng Kartosura, Luwanu Squad dari Bantul. Kesemuanya bersinergi untuk memberikan kontribusi yang mereka bisa kepada masyarakat sesuai bidang yang mereka kuasai dengan tetap mengedepankan sisi manusiwi. “Kami filter konten seperti Sara, Politik dan jual beli semacam iklan dll. “tambah Bayu Achmad yang aktif di Tim Pelaksana Inovasi Desa.

 
Pentingnya menggunakan media sosial yang cerdas

Illustrasi media sosial erik-lucatero-unsplash

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Purworejo Drs Sigit Budi Mulyanto MM mengingatkan, pentingnya menggunakan media sosial (medsos) dengan bijak dan cerdas bermedia. “Masih marak juga yang menulis berita hoax yang isinya sakarepe, padahal bisa menimbulkan permasalahan. Tentu kita jangan takut, justru harus berani melawan berita hoax,” tandas Sigit pada kegiatan anniversarry 3 tahun Berita Purworejo Terbaru (BPT). Turut mendampingi Kabag Humas Pemkab Purworejo, Bambang Gatot seno Aji SE MM yang juga sebagai pembina komunitas-komunitas di Purworejo.

Kegiatan yang bertema Cerdas bermedia, Elegan berbudaya dan Seirama Menuju Romanza, tersebut, juga dihadiri Kodim, Polres, Dinas Perhubungan, Ketua Bawaslu, Ketua KONI, dan sejumlah lintas komunitas yang ada di Purworejo, Selasa (5/2).

Berita hoax harus dilawan yakni caranya harus menguasai data

Illustrasi pixabay.com/geralt

Dengan data yang valid, tentu akan dapat meluruskan berita hoax. Berpikirlah positif sebelum menyebarkan informasi, hindari informasi yang mengandung ujaran kebencian, fitnah, dan SARA. Apalagi sudah ada pengguna medsos yang tersandung kasus hukum. “Terkait keberadaan komunitas BPT ini, diharapkan bisa berkontribusi dalam hal penyampaian informasi, sehingga jika ada permasalahan juga bisa segera ada respon solusinya, Jangan lupa cek ricek dulu sebelum menyampaikan informasi,” ujarnya.

Sigit menambahkan, untuk Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam melaksanakan pelayanan publik sudah berbasis Informasi Tehnologi (IT). Jaringannya hingga mencakup kecamatan dan bahkan sampai ke desa-desa, sehingga untuk mengakses informasi dan data dapat melalui jaringan internet. Ini tidak lepas adanya Undang-Undang keterbukaan informasi publik.

Sementara itu Bambang Gatot Seno Aji mengatakan, pentingnya semua komunitas yang ada di Purworejo turut menjaga situasi yang kondusif di Kabupaten Purworejo.

Mengingat komunitas memiliki anggota yang sangat luas termasuk dalam penyebaran informasi melalui medsos. Kondusif menjadi kunci utama, sehingga masing-masing komunitas bisa saling menjalin komunikasi, dan beraktifitas dengan baik. Bahkan komunitas BPT juga andil dalam pembangunan di Purworejo seperti penyampaian informasi kemajuan pembangunan Kabupaten Purworejo, juga tentang obyek wisata yang ada di Purworejo. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *