Gelar Maulud Nabi, SD N Legetan Ingatkan Cinta Rasul

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Rasa cinta dan sayang kepada Rosullulloh Nabi Besar Muhammad SAW akan selalu digaungkan oleh umatnya. Salah satunya dengan menggelar Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW atau yang sering disebut dengan “Muludan”. Seperti yang digelar oleh SD N Legetan bersama dengan pemerintahan Desa Legetan Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Rabu (6/11) di halaman sekolah dasar setempat. Acara tahunan yang sudah dimulai dari tahun 2009 ini selalu mendapat respon antusias dari seluruh warga desa.

 

“Acara ini sesuai dengan program pembelajaran peningkatan Iman dan Taqwa serta penguatan pendidikan karakter, sekaligus mengingatkan generasi mulai dari yang muda, anak-anak untuk selalu mencintai Nabi dan mencontoh sifat Rosullulloh Muhammad SAW!” kata Supriyatno Jati Riyanto S.Pd, Kepala Sekolah SD Negeri Legetan kepada Reviens.

 

Dirinya menekankan untuk selalu mengingatkan jangan pernah sampai punah dan pudar rasa cinta kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

 

Dibawah kepemimpinan Mbah Supri, begitu nama panggilan akrab kepala sekolah ini, SD N Legetan tampil sebagai sekolah yang mengimplementasikan nuansa Islami dan Nasionalis. Setiap pagi setelah menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutan dengan bacaan Asmaul Husna dan Sholawat Nariyah.

 

 

“Ini puncak acara serangkaian kegiatan didukung oleh paguyuban wali, dan perangkat desa sebagai bukti soliditas dan rukunnya warga Desa Legetan dalam memajukan pendidikan dan kegiatan yang positif!” tambahnya.

 

Pemerintahan desa dan warga serta para wali murid selalu bermusyawarah untuk mufakat dalam melaksanakan acara-acara positif yang melibatkan orang banyak, seperti acara rutin mujahadah atau musyawarah rundingan pembelajaran terbaik untuk anak-anak.

 

Dalam gelaran tahunan Peringatan Maulud Nabi ini, semua dilibatkan dan berkontribusi. Guru, stake holder, tokoh masyarakat dan komite sekolah semua punya peran. Dengan pembicara utama KH Duri Ashari dari Semarang, acara disesaki oleh sekitar 2000 undangan. Dengan mengangkat tema sesuai dengan PP Kemendiknas No. 18 tahun 2018 yakni meningkatkan pendidikan karakter yang berbasis budaya sekolah dan masyarakat.

 

Di sela jeda mereka dihibur oleh Grup Rebana Hikmatun Nada yang musisi nya terdiri dari para siswa siswi SD N Legetan dengan alat musik berupa Saron, Keyboard, Rebana dan drum.

 

 

Saat ditanya soal pro kontra Maulud Nabi, sebagian pihak menyebutnya sebagai Bid’ah, lebih lanjut Mbah Supri menjawab, “Semua itu tergantung niatnya, Innamal a’mallu bi niyati, kalo niatnya baik ya baiklah amalnya, untuk mencintai Nabi tak perlu ditanya dalil dalil ini itu!”.

 

Supriyatno Jatiriyanto S.Pd, yang ternyata seniman mantan anggota OM Amarta 83, dengan posisi pemain Ritem Gitar dan Keybord meski sudah menjabat beberapa periode sebagai kepala sekolah, dirinya masih bersemangat mengajar seni musik dan Bahasa Jawa. “Seni itu menumbuhkan nurani dan bahasa Jawa itu identitas serta akar jati diri kita, ini jangan sampai lupa!” kata Mbah Supri.

 

“Kami sangat mendukung dan menyengkuyung kegiata rutin tahunan pengajian umum memperingati kelahiran Nabi di SDN Legetan bekerjasama dengan pemerintahan Desa Legetan ini sebagai bukti soliditas kami!” kata Fauzi, Kepala Desa Legetan bersemangat. Kegiatan ini melibatkan 6 SD (gugus) beserta guru, kepala sekolah, aparat keamanan, polsek, koramil, jamaah warga legetan dan desa sekitar.

 

Mulai dari soal konsumsi, dokumentasi, transportasi, sound sistem, tratag panggung semua adalah kontribusi dari warga dan para wali murid. “SD N Legetan adalah lembaga pencetak generasi masa depan, adalah milik desa mari kita sengkuyung bareng, harapan kegiatan tahunan terus berjalan meski 1 tahun kepala sekolah dan kepala desa akan pensiun, kegiatan seperti ini harus tetap jalan!” tambah Fauzi optimis. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

1 thought on “Gelar Maulud Nabi, SD N Legetan Ingatkan Cinta Rasul

    Kagum Pangesti

    (November 16, 2019 - 5:37 am)

    Mantap betul babe mah 😃
    Semangat mbah Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *