Bupati Purworejo Saba Desa Bangkitkan Ekonomi dan Kesejahteraan Desa

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Ribuan peserta mengikuti acara jalan sehat, menikmati hawa segar dengan rute sepanjang 2 KM di Desa Banyuurip, Kecamatan Banyuurip, Purworejo. Jalan sehat ini, merupakan rangkaian dari kegiatan Bupati Saba Desa, yang dilaksanakan selama dua hari, dari Senin (22/7) hingga Selasa (23/7), sekaligus sebagai puncak peringatan Harganas (Hari Keluarga Nasional) dan HAN (Hari Anak Nasional) tahun 2019, yang mengambil tema “Hari Keluarga Hari Kita Semua”.

Dengan melibatkan warga desa setempat dan sekitarnya, jalan sehat juga diikuti oleh ratusan Petugas Pembantu Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), maupun para karyawan DinsosdukKBPPPA Kabupaten Purworejo.

Menurut Made Sri Wardani, panitia peringatan Harganas yang juga sebagai Kasi Advokasi, Informasi dan Edukasi pada DinsosdukKBPPPA Kabupaten Purworejo, dalam memperingati Harganas ke 26 dan HAN tahun 2019, selain sosialisasi, juga menggelar berbagai jenis perlombaan .

 

Sendratari Asal Usul nama Desa Banyuurip membuka acara Bupati Saba Desa. Bupati Agus Bastian, SE MM menyerahkan hadiah kepada para pemenang berbagai lomba Harganas dan HAN tingkat Kabupaten Purworejo ini, Senin (22/7) malam, di balai desa Banyuurip.

 

Juara Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jateng, yang diraih Kampung KB Kencana Sari, Desa Candisari, Banyuurip. Bupati juga mengukuhkan Tim Koordinasi Pengembangan Kampung KB, yang beranggotakan 23 orang dari lintas OPD (Organisasi Perangkat Daerah), yang diketuai oleh Kepala DinsosdukKBPPPA Kabupaten Purworejo, Kuswantoro. Pembentukan tim ini, berdasarkan SK Bupati no: 160.18/392/2019.

Acara ini juga dihadiri perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Jateng, Wagino. Ratusan doorprize diperebutkan lewat kupon undian dalam jalan sehat ini, dengan hadiah utama lemari es, mesin cuci, kompor gas, Magic Jar dan dihibur biduan dangdut dengan alunan soslo organ.

 

Harapan ke depan, peserta KB di Kabupaten Purworejo makin meningkat, tak terjadi baby boom dan ledakan jumlah penduduk, serta KB makin mensejahterakan warga Purworejo.
Dalam rangakaian kegiatan tersebut, Bupati juga meresmikan Pasar Tradisional Thengok yang terletak di Desa Sukowaten Kecamatan Banyuurip.

 

Pasar yang didirikan dengan dana desa bernilai Rp. 150 Juta ini merupakan tempat yang strategis buat warga desa sekitar Sukowaten menjual hasil bumi, kuliner dan ukm dari beberapa desa tetangga. “Dulu jaman penjajahan di sini sudah berdiri pasar tradisional, jadi ini merupakan realisasi kebutuhan warga untuk bisa berniaga juga secara historis menjadi momentum berdirinya kembali pasar yang pernah eksis di jaman dahulu kala!” kata Kades Sukowaten, Triyono Among, Prasetyo, A.Md kepada Reviens.

 

Pasar seluas 1316 meter persegi ini diharapkan mampu membangkitkan perekonomian warga desa. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *