Borong Pulang Piala LKS Kabupaten, SMK Sawunggalih Kutoarjo Persiapkan Menuju LKS Provinsi Jawa Tengah

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Sebanyak 4 Kompetensi Keahlian dari 6 Kompetensi yang ada di SMK Sawunggalih Kutoarjo mendapat nomor pertama dalam ajang bergengsi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Kabupaten Purworejo yang diadakan pada tanggal 2 sampai dengan 5 September 2019.

 

Kompetensi tersebut menjuarai dalam mata lomba bidang kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran serta Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. 2 kompetensi yang lain Tata Busana dan Teknik Komputer Jaringan juga mendapat nomor kedua dan ketiga dari mata lomba yang diujikan.

 

LKS merupakan ajang bergengsi dari pendidikan kejuruan dimana LKS merupakan parameter kompetensi dan kualitas pendidikan pada SMK.

 

Pada ajang ini kontingen lomba yang mendapat nomor juara diantaranya Endah Widiawati mendapat juara I mata lomba Accounting, Reza Mariska mendapat juara I mata lomba secretary, Puji Wahyu Siti Fatimah mendapat juara I mata lomba visual Merchandising, Bagas Subakti Rakhmat mendapat juara I mata Teknik Bisnis Sepeda Motor, Hamdan Al Wahidan mendapat juara III mata lomba networking Support, dan Nadia Fitrotunnisa mendapat juara II mata lomba dress making.

 

Disampaikan oleh Endah “awalnya sempat drop disaat mata lomba lain sudah pengumuman dan mendapat juara I semua tetapi alhamdulilah akhirnya juga mendapat keberuntungan yang sama menjadi juara. Ini berkat bimbingan bapak ibu guru SMK Sawunggalih dan sarana prasarana yang lengkap disekolah”.

 

Dari hasil LKS yang didapatkan SMK Sawunggalih akan bersaing kembali mengikuti ajang LKS pada tingkat Propinsi Jawa Tengah akhir oktober mendatang di Purwokerto. Disampaikan oleh Kurniasih Triatmanti, SE selaku guru pembimbing accounting “Kami akan menggunakan waktu yang ada sebelum kita berangkat ke LKS provinsi untuk memahami materi yang akan dilombakan, kami bersama tim akan memaksimalkan latihan kepada siswa peserta lomba sehingga siswa akan semakin siap untuk berlomba, kami juga dorong siswa belajar melalui internet agar dapat mempunyai gambaran seperti apa teknik lomba ditingkat provinsi”.

 

Senada hal tersebut keberadaan LSP P1 sangat memberikan dukungan lebih pada keberhasilan LKS Kabupaten tersebut. Disampaikan ketua LSP P1 Sawunggalih Priyono Iskandar, SH, M.Pd “LSP P1 adalah upaya SMK untuk meningkatkan kompetensi siswa agar sesuai standar industri yang ada. Sedangkan dalam lomba kompetensi siswa materi yang diujikan adalah materi yang juga akan diujikan pada Ujian Sertifikasi Kompetensi, tentunya materi yang sesuai standar yang industri inginkan. Jadi sudah seharusnya LSP harus didorong untuk dapat mengupayakan kompetensi siswa sehingga siswa bisa mendapat prestasi akademik pada ajang LKS dan juga kompeten untuk masuk dunia kerja”.

 

Pada acara penutupan LKS sekaligus penyerahan hadiah Kepala SMK Sawunggalih Kutoarjo Tri Yulianto, S.Kom, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan mohon doa restu agar sekolah dapat berhasil diajang LKS Provinsi Jawa Tengah sehingga dapat membawa nama baik Kabupaten Purworejo juga memberikan penghargaan kepada orang tua siswa yang telah menyekolahkan putra putrinya di SMK Sawunggalih Kutoarjo.

 

Disampaikan pula bahwa SMK Sawunggalih konsisten dalam menyongsong revitalisasi SMK tahun 2020 dimana pada era Revolusi industry 4.0 SMK Sawunggalih akan mengembangkan smartschool, Robotic dan E-Commerce sebagai bagian mendukung program pengembangan Teaching Factory disekolah selain itu kerja sama dengan dunia industri sedang didorong lebih sebagai upaya menjadikan SMK Sawunggalih menjadi sekolah berbasis industri sehingga siswa akan mendapat kompetensi sesuai kebutuhan dunia industri sekarang. (Andri Wijaya)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *