Berharap Dari Generasi Milenial di Gedung Wakil Rakyat Purworejo

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Sebanyak 45 orang anggota DPRD Purworejo resmi dilantik untuk masa jabatan periode tahun 2019 – 2024 pada Hari Rabu (14/8) di gedung wakil rakyat Purworejo. Ratusan personel Polres Purworejo terlihat siaga melakukan pengamanan di sekitar halaman gedung DPRD Purworejo. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Purworejo, Sutarno, SH, Mhum, yang ditandai dengan pengambilan sumpah janji dan penandatanganan berita acara serta pemasangan lencana. Usai dilantik, para anggota DPRD baru ini langsung menandatangani Pakta Zona Integritas.

Acara pengucapan sumpah dan janji diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Gubenur Jawa Tengah tentang Pemberhentian Anggota DPRD 2014-2019 dan pembacaan Surat Keputusan Gubenur tentang Pengangkatan Anggota DPRD Periode 2019-2024. 45 orang anggota DPRD Kabupaten Purworejo periode 2019-2024 ini, rinciannya sebagai berikut, PDIP (10), Golkar (8), Demokrat (6), PKB (5), Gerindra (5), Nasdem (5), PKS 2), PPP (2), Hanura (1), dan PAN (1). Dion Agassi dari PDIP, sebagai pemegang suara terbanyak, menjabat pimpinan DPRD untuk sementara, dan wakil ketua Kelik Susilo Ardani dari Golkar.

Sambutan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang dibacakan oleh Bupati Agus Bastian, harapan kepada para anggota dewan yang baru dilantik agar memegang amanah dalam menjalankan tugas dan pebuh tanggung jawab. “Jaga kredibilitas dan Junjung tinggi integritas. seperti sumpah janji yang telah diucapkan!”  Selain Bupati Purworejo Agus Bastian, hadir dalam daftar tamu undangan Biro Otda Muhammad Masroji, mewakili Gubernur Jateng, para pimpinan jajaran Forkopimda, para Kapolsek se Purworejo, serta segenap tamu undangan termasuk kerabat para anggota dewan.

Tampilnya beberapa generasi Milenial menjadi harapan baru buat warga Purworejo untuk menyuarakan aspirasi lebih kerang bergaung di gedung DPRD Purworejo. Salah satu diantaranya adalah Berliando Luthfi Zulfikar, anak muda yang kelahiran 20 Juni 1997 ini siap mengusung dan meneriakkan idealisme dan aspirasi warga Purworejo. Muda, Energik, dan bekal sebagai aktifis HMI (Himpunan Mahasiswa) Komisariat Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Nando diharap menjadi tumpuan dan membawa warna baru di Rumah Wakil Rakyat Purworejo. “Menyimak dan mengkritisi policy maker yang ternyata outputnya kurang berpihak kepada rakyat menjadi sesuatu yang penting dilakukan oleh para mahasiswa sebagai kontrol, ini yang sering kami lakukan di kampus!” kata penggemar kopi ini membuka obrolan dengan Reviens di rumahnya.

 

Berliando Luthfi Zulfikar

 

Sesuai dengan partai yang diwakilinya yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Nando optimis akan siap menjaga amanah mendedikasikan seluruh pikiran dan idealismenya untuk kesejahteraan warga Purworejo. Anak muda berumur 22 tahun ini datang dari Daerah Pilihan (Dapil V) yang meliputi Kecamatan Pituruh, Kemiri dan Bruno. Mahasiswa semester IX ini berharap bisa masuk dalam Team Work Komisi D yang menangani Bidang Kesejahteraan Rakyat. “Saya sebagai anggota baru di DPRD siap bersinergi dengan yang senior membangu Team Work yang solid untuk kesejahteraan warga Purworejo!” tambahnya optimis.

Sementara itu, Rani Sumadyaningrum, S. Farm, Apt. Datang dari Partai Golkar menjadi representasi suara perempuan yang telah lama konsen mengamati tingkat kesadaran kaum ibu hamil. “Mereka harus sehat dan rajin memeriksakan diri dan kondisi kesejahatan janin selama masa kehamilan!” buru-buru mengingatkan. Isu pengarusutamaan gender yang keras gaungnya, sedikit banyak membuat generasi seperti Nonik (panggilan akrabnya) terinspirasi untuk tampil dalam berbagai bidang kehidupan, yang biasanya didominasi oleh kaum lelaki. Beruntung, Nonik memiliki mentor politik yang kharismatik dan disegani banyak kalangan di Purworejo, yakni almarhum ayahnya, Kelik Sumrahadi (mantan Bupati Purworejo) juga pengalamannya menjadi Kepala Desa di Kecamatan Grabag.

 

Rani Sumadyaningrum, S. Farm, Apt

 

Sosialisasi dan terjun langsung ke masyarakat menyerukan akan pentingnya kesehatan ibu hamil, seperti cek kesehatan meliputi, darah, HB dan pemenuhan gizi merupakan hal penting bak garda depan generasi masa depan Purworejo khususnya dan Indonesia dalam ekskalasi nasional. “Mengubah mindset dan menyemangati para kaum ibu siap kami gaungkan dengan turun ke lapangan!” kata Nonik.

Dwi Hartati, wajah baru perempuan di DPRD Purworejo juga dari Partai Golkar, senada dengan Nonik akan memberdayaka kaum perempuan terutama dalam hal pendidikan. “Saya merintis PAUD Bintang Harapan di desa Wonosuko Kemiri, tak lain karena secara empiris melihat dan merasakan langsung kebutuhan pendidikan anak-anak usia dini dan kesejahteraan para tenaga pendidiknya yang belum maksimal pemenuhan tingkat kesejahteraannya!” Meski sebagai pendatang baru yang merasa butuh belajar berpolitik, Dwi optimis siap membawa perubahan buat kebijakan pendidikan yang pro kaum perempuan. “PAUD meripakan garda depan pendidikan membentuk karakter generasi bangsa masa depan, disini mereka belajar dari awal usia dini, keringat dan tenaga para guru PAUD memang masih belum terbayar maksimal, mari kita apresiasi mereka dengan memikirkan kesejahteraannya!” (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *