Benarkah di Purworejo Sulit Bikin Usaha?

Share Berita Ini!

Foto: by macrovector – www.freepik.com

 

Menjadi pengusaha atau memiliki usaha sendiri adalah idaman dari anak muda Indonesia sekarang ini, selain karena keren juga dapat membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas. Lantas bagaimana dengan pemuda atau masyarakat Purworejo sendiri? Apakah seperti orang-orang itu, dan bagaimana dengan kondisi di Purworejonya sendiri apakah mendukung untuk membuat usaha?

Mari kita bahas, eiittss tapi ini hanya opini saya pribadi dan melihat orang-orang sekitar saya, juga obrolan dengan teman-teman yang masih tinggal di Purworejo, juga yang sudah merantau.

Judul “Benarkah di Purworejo Sulit Bikin Usaha?” merupakan pertanyaan besar saya ketika ngobrol dengan orang-orang yang ingin membuat usaha di Purworejo. Karena tidak sedikit yang berfikir dan mengutarakan bahwasanya di Purworejo sulit untuk membuka usaha. Tapi apakah semua itu benar? Mungkin iya ada benarnya, tapi tidak menutup kemungkinan itu hanya pola pikir masyarakat Purworejonya aja yang berfikir kalau di Purworejo sulit untuk membuka usaha.

Ini tidak jauh-jauh dari orang yang terdekat saya sendiri yang diberikan saran untuk membuat usaha di Purworejo, namun jawabanya “sulitlah bikin usaha di Purworejo, dan bla bla….” padahal dia sendiri belum mencoba membuat usaha di Purworejo, walaupun emang dia punya usaha di rantau. Padahal jika mau nekat, siapa yang tau? Rizeki kan sudah ada yang ngatur, kita sebagai orang hanya terus berusaha.

Tidak hanya itu, menurut beberapa teman saat cerita-cerita sebenarnya tidak sulit untuk membuka usaha di Purworejo, selagi ada kemauan dan kerja keras. Namun yang ada tidak sedikit orang Purworejo sudah berfikir ‘Sulit untuk buka usaha’. Kalau menurut saya sendiri dengan mereka berkata demikian berarti sudah ngebentuk pola pikir yang salah. Kenapa saya bisa berkata itu salah, karena penting kita membangun optimisme terhadap apapun, bukan malah membangun pola pikir ‘Sulit untuk buka usaha’. Karena pada dasarnya di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, selagi kita mau berusaha. Karena hasil tidak akan membohongi usaha.

Berani mencoba meski gagal adalah satu langkah membuka gerbang keberhasilan. Ketimbang tidak pernah gagal karena tidak melakukan percobaan apapun.

Post Author: Chodri Al-Rosyd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *