Alasan Komunitas di Purworejo Lakukan Tanam Pohon dan Tabur Ikan di Bogowonto

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Guna memberdayakan dan melestarikan alam khususya di sungai dan sekitarnya. Berbagi lintas Komunitas dan Instansi di Purworejo mengadakan Bakti Sosial (Baksos) penghijauan dan tabur benih ikan di sekitar bendungan arus sungai bogowonto desa Guntur kec.Bener Purworeo, minggu (01/09/2019).

 

Adapun komunitas dan instansi yang ikut serta dalam kegiatan ini antara lain Kodim 0708 Purworejo, Kostrad 412 Raider Purworejo, Pemkec Bener, Pemdes Bener, Alim ulama, Tokoh masyarakat, CPP, FATCO, BG3, GMPUR, Pemuda Pancasila PWB (Laskar Bagelen), BPT, Astana, SMU Pancasila Purworejo.

 

Acara yang dimulai dari pukul 09.00 wib – 12.00 wib menanam ratusan bibit pohon dari berbagai jenis bibit seperti bibit pohon aren dan beringin, juga menyebar bibit ikan ke sungai Bogowonto.

 

Dwi Santoso selaku Ketua Korwil Bagelen Paguyuban Wayah Bagelen (PWB) saat dihubungi Reviens Media mengatakan, menanam bibit aren dan beringin karena Pohon beringin selain sebagai pohon perindang akarnya untuk mengikat tanah agar tidak longsor dan bisa menyimpan resapan air. “Pohon aren adalah sebuah adalah ranaman produktif penghasil gula merah berkualitas selain itu akar pohon aren berfungsi sebagai tanaman obat melancarkan air seni”, ungkapnya.

 

 

Adapun jenis ikan yang ditabur ada ratusan ikan nila yang dimasukan dalam puluhan kantung plastik. “Kenapa memilih nila, karena jenis ikan ini perkembangbiakannya cocok di air yang arus sungai yang deras”, ujar Dwi.

 

“Harapan kita agenda baksos penghijauan dan tabur benih ikan yang telah diagendakan agar masyarakat teredukasi secara langsung tentang betapa pentingnya menjaga dan merawat kelestarian alam”, tutupnya

Post Author: Chodri Al-Rosyd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *