Alasan Diadakanya Festival Ndolalak di Area Gunung Agung Bagelen

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Dalam rangka “Nguri-uri” ndolalak agar tetap lestari dan diakui jika ndolalak seni tari yang berasal dari kab.Purworejo, Senin 12 Agustus 2019 diadakan Festival Ndolalak di kecamatan Bagelen.

 

Acara ini inisiasi dari dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinpanbud) dan didelegasikan ke semua kecamatan di Purworejo. Untuk Bagelen sendiri dilaksanakan pada hari Senin – Selasa 12 -13 Agustus 2019.

 

Bambang Setyo Budoto S.Sos, selaku Camat Bagelen, mengucapkan bahwasanya Kab Purworejo memiliki tarian Khas yaitu Ndolalak. “Dengan diadkanya festival ini supaya Budaya kita tidak diambil bangsa atau daerah lain. Rencana akan diadakan tarian Kolosal 5000 penari Ndolalak dengan gerakan yang sama, tentunya tidak mudah untuk membuat 5000 penari dengan tarian yang sama, geraka yang sama bisa terlihat rapi, makanya untuk menciptakan semua diawali dengan diadakan festival Ndolalak di setiap Kecamatan se-Kab Purworejo”, ungkapnya.

 

Lomba hari pertama yaitu kategori SD di ikuti oleh 24 SD yang ada di Kec Bagelen. Hari ke dua yaitu kategori SMP, SMA/SMK dan umum di ikuti oleh 5 regu.

 

Untuk pemenang Kategori SD juara 1 SDN Bedug, juara 2 SDN Krendetan, Juara 3 SDN Durenombo, harapan 1 SDN Sokoagung, harapan 2 SDN Kalirejo, harapan 3 SDN Hargorojo. Untuk Kategori umum, SMP dan SMK juara 1 Sanggar Swastika Kalirejo, juara 2 SMP 36, juara 3 SMK 7.

 

“Acara dipusatkan di kawasan lapangan Wisata Gunung Agung Desa Kalirejo. Kenapa di adakan di sana karena prinsipnya ingin menghidupkan kawasan wisata di Bagelen salah satunya yaitu Gunung Agung, tambah Bambang Setyo Budoto.

 

Sardjono, kepala Desa Kalirejo mengatakan dengan adanya Festival Ndolalak yang di pusat kan di kawasan Wisata Gunung Agung Kalirejo semoga bisa jadi langkah awal untuk promosi wisata Gunung Agung Kalirejo. “Supaya wisata Alam Gunung Agung bisa terus berkembang dan menjadi salah satu spot wisata alam di Kec Bagelen. Supaya tetap terjaga kelestarian, lingkungan alamnya”, tutupnya.(Win)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *