Al Fathonah Islamic School Gelar Halal Bi Halal dan Akhirussanah

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Keceriaan terpancar dari wajah anak-anak yang memenuhi halaman Gedung Al Fathonah Islamic School Purworejo, Sabtu (20/6). Beberapa siswi mengenakan dandanan Jilbab bermahkota Bunga Mawar di kepalanya, sementara anak lelaki berpeci mengenakan Baju Gamis. Tak jauh dari panggung beberapa anak terlihat berbaju Toga lengkap dengan Topi Sarjana yang hendak diwisuda. Hari itu sekolah yang beralamat di Jalan Kesatrian No. 25 Pangenrejo Purworejo menggelar acara Halal Bi Halal dan Akhirussanah tahun ajaran 2018/2019. 17 siswa dan siswi RA (Raudhatul Atfal) dan KB (Kelompok Bermain) berhasil menyelesaikan masa proses belajar mengajar di sekolah yang mengusung TBS (Tahfidzul Qur’an – Bilingual – Saintek.

Direktur Utama Yayasan Al Fathonah, KH. Abdi Sandiko, S.Pd.I dalam sambutannya menegemukakan rasa syukur dan apresiasi terhadap kemajuan kinerja yayasan dan output pada anak didiknya. “Kini sekolah yang mengedepankan nlai-nlai keagamaan mampu mengintegrasikan materi pelajaran umum dalam proses belajar mengajar untuk menjawab tantangan jaman!” kata Abdi epada wartawan Reviens. Materi umum dan agama diintegrasikan dalam berbagai improvisasi mata pelajaran. Misal dalam ilmu Matematikan sebuah soal tak semata-mata bicara angka numerik, melainkan bisa dihubungkan dengan Ilmu Fiqih misal soal Waris dan Zakat. Kemudian ilmu sosial akan dikedepankan hubungan habluminanas yang berreferensikan Kitab Suci Al Qur’an.

 

“Jadi sekolah di sini selangkah lebih maju, tak bisa dipandang sebelah mata lagi seperti dulu!” tambahnya.
Sejumlah orang tua/ wali siswa hadir bergembira menyaksikan tumbuh kembang putra putrinya yang mengebor ilmu di sekolah yang menaungi RA, TPA, KB dan MI ini. Pentas Tari Sholatum diperagakan oleh anak-anak RA usia 5-6 tahun dengan khas penuh keceriaan anak. Kemudian tampilan anak-anak usia 3 tahun yang menari dengan iringan lagu Baby Shark, meski yang terlihat menari para ibu gurunya, anak-anak ini cepat belajar secara motorik dan sensorik mampu mengikuti gerak dinamis yang mereka lihat dan dengar.

Setelah pembacaan Ikrar Halal Bi Halal sekaligus penyerahan anak didik yang teah lulus kepada orang tua dan walinya, kemudian dilakukan prosesi Akhirussanah. Layaknya sarjana kampus pendidkan tinggi mereka mengenakan baju toga lengkap dengan topi yang bekuncir. “Ini sangat memotivasi putra kami biar tambah semangat dilihat orang tuanya saat menindahkan kuncir topi dan baju toganya!” kata Amin salah seorang ayah dari peserta Akhirussanah.

 

Mereka para orang tua punya alasan tersediri dan bangga dengan harapan yang tinggi menyekolahkan putra putrinya di sini. Di era yang serba permisif dan cenderung hedonis, sudah saatnya pendidikan yang berbasis nlai nilai positif kembali ditekankan. Ilmu adab etika dan sopan santun, norma agama dan tangung jawab masing masing pribadi anak diberikan secara bertahap dalam proses belajar mengajar. “Seneng sekolah di sini, hafalan surat pendek, mengaji dan menyanyi serta mengaji bdiajarkan dengan asyik pokoknya!” kata Akbar dengan sambil tertawa.

Hadir dalam jajaran tamu undangan, Ketua Yayasan Al Fathonah, KH. M Chamim, Ms. M.Ag, Takmir Masjid Al fathonah, Drs. HR Istiharto, Ketua Himpaudi Kab. Purworejo, Tri Siwi Rejeki, Pengawas RS Kab. Purworejo, Hj. Arifah M.Si dan para pelaku instistusi pendidikan seputar Purworejo. Diakhir acara, diserahkan sejumlah piala penghargaan berbagai lomba dan apresiasi para anak didik selama bulan Ramadhan. “Untuk melahir dan memotivasi mereka kami berikan reward kepada anak-anak yang berlatih menjalankan ibadah puasa sesuai dengan kemampuan anak-anak!” kata Abdi menambahkan. (agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *