Dukung Wisata Purworejo, Jiworejo Gelar GATHERING AGUNG JIP WISATA SEJAGAD

Share Berita Ini!

Reviens Purworejo – Tenda berwarna warni, hawa segar pegunungan yang asri, Aroma Kopi, heningnya suara alam serta kebersamaan dan keceriaan tercium kental di Obyek Wisata Hutan Pinus Kalilo, Purworejo, Sabtu-Minggu (14 -15 Maret 2020).

 

Di tengah kabar wabah Corona, sepertinya tak terlihat kecemasan dalam gelaran ini. Dengan semangat mendorong laju pariwisata Purworejo, Paguyuban Jip Wisata Purworejo (Jiworejo) berkolaborasi dengan Kopi Seplawan dan Pokdarwis Hutan Pinus Kalilo, menggelar event Gathering Agung Jip Wisata Sejagat dengan tema “Dolan Bareng Waton Gayeng” tahun 2020.

 

Tercatat sekitar 130 peserta dengan kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) atau jip dari berbagai varian beriringan dengan start awal halaman Kantor Bupati Purworejo Jl. Proklamasi Nomor 2 Purworejo dan akan berakhir di Obyek Wisata Hutan Pinus Kalilo.

 

Sektor pariwisata merupakan potensi yang saat ini mulai berkembang di Kawasan Gelang Projo (Magelang – Kulon Progo dan – Purworejo) ada pula yang menyebutnya Segitiga Emas Mangkupurwo (Magelang – Kulon Progo – Purworejo) khususnya di Kawasan Pegunungan Menoreh. Sebut saja Hutan Pinus Kalilo, Tuk Mudal, Ayunan Langit, Tritis, Nglinggo, dan masih banyak lagi, saat ini menjadi obyek wisata berbasis keindahan alam yang berkembang di kawasan Pegunungan Menoreh.

 

Terletak di ketinggian sekitar 700M DPL bahkan lebih, lokasi ini bakal menjadi kawasan menarik untuk dikunjungi, namun menghadapi
permasalahan akses jalan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke obyek-obyek wisata tersebut.

 

“Ini membangkitkan keinginan komunitas jip untuk berkontribusi dalam pengembangan obyek wisata yang ada di kawasan tersebut. Kami bergandeng tangan dengan komunitas Jip Wisata Purworejo atau Jiworejo di Purworejo, Parang Menoreh di Magelang atau Mutiara Menoreh di Kulon Progo!” kata Toto Sugiharto, Ketua Panitia yang juga Owner Kopi Seplawan kepada Reviens.
Membangun jejaring antar pelaku jip wisata menjadi salah satu agenda penting karena pengembangan paket wisata seringkali tidak dibatasi oleh
wilayah administratif.

 

Jiworejo sebagai salah satu operator Jip Wisata di Kabupaten Purworejo yang awalnya merupakan merupakan divisi wisata dari komunitas Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) Chapter Purworejo tergerak untuk menginisiasi sebuah kegiatan gathering mengumpulkan para pelaku Jip Wisata untuk melakukan sharing pengalaman dalam pengembangan pariwisata berbasis kendaraan jip di kawasan Menoreh dan sekitarnya.

 

Perjalanan lintasan touring yang menempuh jarak sekitar 35 km merupakan hiburan tersendiri, melintasi jalan provinsi Purworejo-Kaligesing, Jalan kabupaten Sidomulyo-Caok-Sudimoro-Ngaran-Tridadi￾Pucungroto-Tawangsari-Pandanrejo dan berakhir di Hutan Pinus Kalilo, Kaligesing.

 

 

Event ini didukung oleh sponsor utama dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo dan Badan Otorita Borobudur (BOB). Dalam kesempatan ini, Akmaliyah, S.Pd. I, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Purworejo memberikan mensosialisasikan materi mengenai Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo tahun 2020.
Sementara itu menurut Agustin Peranginangin, Direktur Destinasi Pariwisata BOB, yang diperlukan wisatawan adalah kemudahan akses jalan. BOB gencar menginformasikan bahwa akses ke Purworejo bisa dengan Kereta Api. Keberadaan Stasiun Kereta Api di Kutoarjo menjadi keuntungan tersendiri. Hampir semua Kereta Api dari Jakarta berhenti di Kutoarjo.

 

“Yang ingin dikunjungi oleh para wisatawan saat ini bukan hanya obyek mati, tapi juga atraksi seperti yang ditawarkan oleh Jiworejo, yakni Gathering atau mungkin Touring diikuti dengan tempat menginap di sekitar wisata atraksi tersebut!” kata Agustin Peranginangin.
“Di sini anak-anak juga senang, arena playground yang alami dan asri seperti tersedia cukup luas dan betul-betul mengasyikan, anak-anak bermain, ibu-ibu bisa masak dan bapak –bapak bisa bersantai sembari menghirup kopi lokal Seplawan!” kata Desty salah satu peserta.(agam)

Post Author: Agam

Merupakan salah satu Reporter REVIENSMEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *